Sosialisasi Learning Management Systems (LMS) Untuk Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Purwokerto

Penulis

  • Nurul Hidayat Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Lasmedi Afuan Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Nur Chasanah Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.53

Kata Kunci:

covid-19, LMS, online, pendidikan

Abstrak

Di masa pandemi Covid-19, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran no 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Poin no 2 pada surat edaran tersebut berisi mengenai pelaksanaan belajar dari rumah melalui pembelajaran daring. Guru dan siswa diminta untuk melaksakan proses belajar mengajar melalui pembelajaran daring/jarak jauh. Proses pembelajaran dilaksanakan secara online sychronous atau online asynchronous. Untuk sychronous dapat dilaksanakan menggunakan berbagai platform online seperti Google Meet, Zoom, Microsoft Teams dan platform lainnya. Sedangkan, asyncronous dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan platform seperti google classroom, schoology, moodle, dan berbagai learning management system lainnya. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Purwokerto termasuk sekolah yang memanfaatkan media online synchronus Microsoft Teams agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung. Penggunaan platform online sangat membantu dalam pembelajaran daring, akan tetapi tetap harus didukung dengan penggunaan media pembelajaran online asynchronous. Salah satunya adalah Learning Mangement System (LMS). Pada kegiatan ini dilakukan sosialisasi penggunaan LMS, dilaksanakan sosialisasi LMS Moodle kepada guru SMKN 2 Purwokerto. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah ceramah, praktik, dan diskusi. Hasil dari kegiatan ini, guru SMKN 2 Purwokerto memiliki pengetahuan tentang LMS, dan mampu menggunakan LMS untuk kegiatan pembelajaran secara asynchronous.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

C. Sohrabi dkk., “World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19),” Int. J. Surg., vol. 76, no. February, hal. 71–76, 2020, doi: 10.1016/j.ijsu.2020.02.034.

I. W. G. Narayana, “Analisis Terhadap Hasil Penggunaan Metode Pembelajaran Synchronous dan Asynchronous,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2016, hal. 6–7.

F. Xaverius, A. Perkasa, & V. Christmantara, “Learning Management System ( LMS ) Menggunakan Google Classroom Bagi Guru SDK Mardiwiyata 2 Malang,” 2020.

F. A. Yul & N. Ramadani, “Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Online Untuk Guru SMK 5 di Kota Bengkulu,” Rangkiang J., vol. 2, no. 1, hal. 38–41, 2020.

L. C. Subadi, T. F. C. W. Sutrisno, I. G. Bagus, Y. Wiryakusuma, & I. Ritunga, “Pelatihan Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan Platform Learning Management System ( LMS ) di Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra,” J. Community Serv. Consort., vol. 1, no. 1, hal. 126–131, 2020.

D. Friansah & Y. Yanto, “Pelatihan Learning Mangament System-Schoology Bagi Guru MGMP Matematika SMS/SMK Kabupaten Musi Rawas,” J. Cemerlang Pengabdi. pada Masy., vol. 2, no. 2, hal. 184–195, 2020.

B. B. Albar, “Penerapan Learning Management System Melalui Modul Digital, Workshop, dan Pendampingan di Masa Pandemi Covid-19,” hal. 394–402, 2020.

D. Hadiansah dkk., “Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada TK Al-Zharufa Kota Cimahi,” Abdi Wiralodra, vol. 3, no. 1, hal. 1–16, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-11

Cara Mengutip

Hidayat, N., Afuan, L., & Chasanah, N. (2021). Sosialisasi Learning Management Systems (LMS) Untuk Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Purwokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 277-283. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.53