Internalisasi Nilai Kebangsaan (Nasionalisme) Melalui Pendampingan Penyusunan Statuta Satuan Pendidikan SMA YP UNILA Bandar Lampung

Penulis

  • Maulana Mukhlis Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Lampung, Indonesia
  • Yulianto Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.839

Kata Kunci:

Nasionalisme, Nilai Kebangsaan, Statuta Satuan Pendidikan

Abstrak

Banyak riset menunjukkan beberapa kecenderungan menipisnya jiwa nasionalisme di kalangan generasi muda termasuk para pelajar sekolah. Pada saat yang sama, pengembangan nasionalisme melalui peran satuan pendidikan dalam beberapa kajian teori memberikan kontribusi yang signifikan. Oleh karena itu, menjadikan satuan pendidikan sebagai lokasi pengabdian sebagai ikhtiar membentuk dan mengembangkan karakter kebangsaan (nasionalisme) menjadi jawaban yang tepat dalam penyiapan generasi muda (peserta didik) menjadi sumber daya manusia berkualitas yang mampu bersikap bijaksana dalam menyikapi globalisasi. Dunia pendidikan pada setiap tingkatan (melalui statuta pendidikan dan kurikulum pembelajaran) sangat dibutuhkan perannya dalam membangun semangat nasionalisme pada generasi muda (peserta didik di sekolah). Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah terbentuknya “Statuta Sekolah Berkarakter Nasionalime” yang tumbuh dari kesadaran dan pengetahun para pendidik (guru) dan peserta didik (siswa) yang dikembangkan dengan langkah pendampingan dan pembinaan yang tepat. Metode yang dipakai Tim Pengabdi adalah sosialisasi, penyuluhan, pendampingan, serta pembinaan sehingga para pendidik (guru) dan peserta didik (siswa) memiliki pengetahuan komprehensif tentang nasionalisme, pengukuran indeks nasionalisme, serta statuta berkarakter nasionalisme serta mampu bersikap dengan baik dalam  menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa dengan pertanyaan yang sama saat pre test dan pos test, terjadi peningkatan pemahaman. Secara rata-rata, terdapat peningkatan aspek pengetahuan sebesar 63,9%. Pada pertanyaan terkait dengan sikap, terjadi peningkatan kapasitas peserta dari 90% menjadi 100% dan cenderung sangat yakin sehingga risiko turunnya aspek sikap tidak menjadi tantangan yang berarti dalam aspek ini. Adapun pada aspek perilaku, terjadi kenaikan dari sebelumnya hanya 80% menjadi 100% artinya seluruh peserta (para guru) bersedia untuk menginternalisasikan nilai-nilai nasionalisme ke dalam statuta di SMA YP UNILA Bandar Lampung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

H. Yusuf, Generasi Muda dan Nasionalisme, dalam Nasionalime: Ragam dan Rasa. Penerbit IdeaPress: Yogyakarta, 2021.

S. Widiyono, “Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi,” Populika, vol. 7, no. 1, pp. 12–21, 2019, doi: 10.37631/populika.v7i1.24.

M. R. Bustami, R. Arraki, O. Purnamasari, A. Zikri, N. Syafitri, and L. Andriyani, Nasionalisme: Ragam Rasa, no. August. 2021.

Syamsurijal, “Nasionalisme Milenial; Membaca Paham Kebangsaan Generasi Muda Di Parepare,” Mimikri, vol. 5, no. 2, pp. 141–155, 2019, [Online]. Available: https://blamakassar.e-journal.id/mimikri/article/view/285/219.

A. R. Center, “Mengenal Generasi Millenial Lewat ‘Millenial Nusantara’. Diakses dari http://alvara-strategic.com/ mengenalgenerasi-milenial-lewat-millennial-nusantara/.” 2014.

T. Muttaqin, Membangun nasionalisme baru?: bingkai ikatan kebangsaan Indonesia kontemporer, no. March. Jakarta: Bappenas [Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 2006.

N. T. Atika, H. Wakhuyudin, and K. Fajriyah, “Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air,” Mimb. Ilmu, vol. 24, no. 1, p. 105, 2019, doi: 10.23887/mi.v24i1.17467.

LIPI, “Memaknai Nasionalisme dalam Sudut Pandang ‘Millenial,’” Diakses dari, p. 21360, 2020, [Online]. Available: http://lipi.go.id/siaranpress/Memaknai-Nasionalisme-dalam-Sudut-Pandang-Millenial/21360.

N. S. Perdana, “Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 8, no. 2, 2018, doi: 10.24176/re.v8i2.2358.

I. M. S. YASA, “207270-None,” J. Penelit. DAN Eval. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 1–17, 2012.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-07

Cara Mengutip

Mukhlis, M., & Yulianto, Y. (2022). Internalisasi Nilai Kebangsaan (Nasionalisme) Melalui Pendampingan Penyusunan Statuta Satuan Pendidikan SMA YP UNILA Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(6), 787-795. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.839