Pelatihan Pembuatan Salad Buah Keju Sebagai Program Usaha Ekonomi Masyarakat Menengah ke Bawah

Penulis

  • Ilham Nazaruddin STKIP Amal Bakti, Indonesia
  • Ronald Mahmud STKIP Amal Bakti, Indonesia
  • Yudi Umara STKIP Amal Bakti, Indonesia
  • Nur Isnaini Heni STKIP Amal Bakti, Indonesia
  • Dinda Wirly Dewani STKIP Amal Bakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.64

Kata Kunci:

salad buah, ekonomi, kelas bawah

Abstrak

Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Masyarakat saat ini berusaha mengkonsumsi makanan sehat harus menjadi kebiasaaan agar kesehatan badan terjaga. Hal itu dilakukan dengan memilih makanan alami dan dalam kondisi segar, tanpa bahan pengawet. Salah satu makanan sehat yang aman dikonsumsi adalah salad, baik salad sayuran atau buah-buahan. Salad buah adalah makanan alternatif yang menyehatkan. Bahkan bisa mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit. Sayuran dan buah dalam salad kaya akan nutrisi, kandungan gizi, mengandung serat tinggi, juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Kita sering tak menyadari, semangkuk kecil salad buah dengan komposisi tepat, akan sangat berguna bagi ‘kesegaran’ tubuh kita. Salad memberikan kepada tubuh begitu banyak serat yang pada gilirannya akan menurunkan kolesterol dan mengurangi sembelit. Sejalan dengan masalah yang ditemukan maka pengabdian ini lebih memberikan suatu pengajaran bagaimana memanfaatkan buah-buahan untuk diolah menjadi salad yang nantinya dapat dikembangkan untuk menaikkan ekonomi masyarakatnya melalui penjualan dengan memanfaatkan e-commerce, tetapi sedikit pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat menengah ke bawah. Pola ajar dengan memberikan resep dan praktik lapangan pembuatan berbagai macam salad sayur dan pencampurannya dengan bahan lain seperti buah dan biji-bijian, serta mengenal jenis kemasan dan cara mengemas dengan baik lalu memasarkannya melalui e-commerce. Diharapkan masyarakat menegah ke bawah menjadi mengerti lebih lagi tentang bagaimana mengolah salad menjadi tahan lama serta dapat membuka peluang untuk menekuni bisnis makanan sehat

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Juliana, dkk, “Pelatihan Pembuatan Salad Sayur Hidroponik dan Cara Pemasaran yang Tepat dalam E-Commerce,” Jurnal ABDIMAS BSI, vol. 3, no. 2, pp. 208-216, 2020.

P. Kotler, and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Ketiga belas, Jakarta, 2009.

M. Zawawi and N. Ramli, "E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan," Jurnal Ilmiah “Integritas,” Vol. 2 No. May, pp. 31–48, 2016.

Tjiptono and Fandy, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Edisi I. Yogyakarta: Andi, 2010.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-11

Cara Mengutip

Nazaruddin, I., Mahmud, R., Umara, Y., Heni, N. I., & Dewani, D. W. (2021). Pelatihan Pembuatan Salad Buah Keju Sebagai Program Usaha Ekonomi Masyarakat Menengah ke Bawah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 329-333. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.64