Upaya Meningkatkan Kompetensi Kader Posyandu dalam Mengembangkan Materi Penyuluhan Parenting Islam Anak Usia Dini di Desa Putatgede, Ngampel, Kendal

Penulis

  • Ali Murtadho Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang, Indonesia
  • Widayat Mintarsih Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang, Indonesia
  • Anila Umriana Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Nabila Adinda Larasati Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3757

Kata Kunci:

materi penyuluhan, parenting Islam, anak usia dini, kader posyandu

Abstrak

Perkembangan anak pada masa keemasan perlu dipantau secara optimal, mengingat fase ini sangat menentukan kualitas generasi di masa depan. Posyandu sebagai kegiatan rutin berperan penting dalam memonitor tumbuh kembang balita melalui pencatatan, penimbangan, serta pemantauan gizi dan kesehatan. Namun, peran kader Posyandu dalam memberikan penyuluhan parenting berbasis nilai Islam masih belum maksimal. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan materi penyuluhan Parenting Islam anak usia dini bagi kader Posyandu. Metode yang digunakan adalah pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA), yaitu pendekatan partisipatif yang melibatkan masyarakat dalam analisis situasi, potensi, dan permasalahan. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa materi penyuluhan berhasil disusun ke dalam empat subtopik: urgensi dan tupoksi kader Posyandu, konsep dan implementasi parenting Islam, kajian psikologis anak usia dini, serta analisis kasus generasi Z dan solusinya. Pelaksanaan penyuluhan secara umum berjalan baik sesuai dengan perencanaan. Kendala seperti perubahan jadwal dan partisipasi peserta yang kurang aktif menjadi masukan untuk evaluasi ke depan. Kegiatan ini berdampak pada peningkatan kapasitas kader dalam memberikan penyuluhan yang lebih relevan dan bernilai Islami.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cepi Ramdani, Ujang Miftahudin, dan Abdul Latif, “Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter,” Banun J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. Vol.2, No.1, 2023.

Rini Novianti Yusuf, Neng Siti Tazkia Aulia Al Khoeri, Gisna Sarlita Herdiyanti, dan Eneng Deska Nuraeni, “Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak,” J. Plamboyan Edu JPE, vol. Vol.1, No. 1, 2023, doi: https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/download/320/93.

Feberiani Diana Putri, Anayanti Rahmawati, dan Nurul Shofiatin Zuhro, “SApiritual Parenting Pada Anak Usia Dini,” J. Kumara Cendekia, vol. Vol. 10, No. 4, 2022, doi: https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/download/56189/38144.

L. Hidayah, S. Siswadi, dan A. Rofiq, “Pendampingan Parenting Islami dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini bersama Mata Hati Care Centre di PAUD Wildani Dk. Bladeg Ds. Kutukan Kec. Randublatung Kab. Blora,” Keris J. Community Engagem., vol. 4, no. 1, hlm. 1–12, 2024, doi: 10.55352/keris.v4i1.838.

H. L. Damayanti, “Peran Orang Tua Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Di Era Digital,” PAKAR Pendidik., vol. 20, no. 1, hlm. 62–75, 2022, doi: 10.24036/pakar.v20i1.254.

A. W. Miftah Nurul Annisa, “Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintangPentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Das,” J. Pendidik. Dan Sains, vol. 2, no. 1, hlm. 35–48, 2020.

R. F. Putera, Y. Yenti, dan S. Marlina, “Penguatan Parenting Untuk Ketahanan Nasional Dan,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 5, no. 2, hlm. 439–447, 2025, doi: DOI: https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3522.

Lenny Gannika, Mulyad, dan Monique Priscilia Fransiska Rotty, “Pelatihan Kader Posyandu Untuk Pemantauan Tumbuh Kembang Bayi dan Balita Di Kota Manado,” Ahmar Metakarya J. Pengabdi. Masy., vol. Vol. 4, No.2, 2025, doi: https://journal.ahmareduc.or.id/index.php/AMJPM/article/download/363/206/3221.

Rafi Audy Nugraha, Miladul Khoiriyah, Sara Junial Fitri, Alma Devina, Ellies, dan Sukmawati, “Implementasi Participatory Rural Appraisal (PRA) Sebagai Media Penguatan Program PKH Desa Kadudampit Kecamatan Sukabumi,” J. Ilmu Sos. Dan Pendidik. JISIP, vol. Vol. 7, No. 2, 2023, doi: 10.58258/jisip.v7i2.4953/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index.

Aulia Putri, Elma Meidiana Rahmah, Hanny Rifanela, Nazla Bunga Qonita, dan Tawfiiqurrohman, “Penerapan Teknik Participatory Rural Apprasian (PRA) dalam Menangani Permasalahan Lingkungan di Desa Sukamaju Kabupaten Sukabumi,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. Vol. 8, No. 20, 2022, doi: https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/download/2641/2131/.

Marlenywati dan Talentha Sinaga, “Refreshing Pelatihan Kader Dalam Upaya Pencegahan Stunting Di Desa Limbung,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant. JPkMN, vol. Vol. 6, No. 1, 2025, doi: https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/4568/3194.

Heni Purnamasari, Zahroh Shaluhiyah, dan Aditya Kusumawati, “Pelatihan Kader Posyandu Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Margadana Dan Puskesmas Tegal Selatan Kota Tega,” J. Kesehat. Masy. E-J., vol. Vol. 8, No. 3, 2020, doi: http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-26

Cara Mengutip

Murtadho, A., Mintarsih, W., Umriana, A., & Adinda Larasati, N. (2025). Upaya Meningkatkan Kompetensi Kader Posyandu dalam Mengembangkan Materi Penyuluhan Parenting Islam Anak Usia Dini di Desa Putatgede, Ngampel, Kendal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(4), 1096-1107. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3757