Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar: Akselerasi Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1907Kata Kunci:
Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar PancasilaAbstrak
Kurikulum merdeka mendukung paradigma pembelajarn aktif yang berpusat kepada siswa melalui implementasi model-model pembelajaran inovatif. Proses pembelajaran inovatif tersebut dapat membangun keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Kemandirian belajar dan keterampilan berpikir kritis merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan di Indonesia, sehingga dalam kurikulum merdeka kedua komponen tersebut tertuang ke dalam profil pelajar pancasila. Pengukuran terhadap penguasaan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa dapat dilakukan dengan menggunakan instrumen keterampilan berpikir kritis dan instrumen kemandirian belajar. Namun demikian, wawasan, pengalaman dan kemampuan guru dalam merancang instrrumen keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru di SMA Negeri 1 Mengwi dalam menyusun instrumen keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa SMA. Metode kegiatan berupa sosialisasi dan pelatihan penyusunan instrumen keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Peserta pelatihan ini sebanyak 70 guru-guru di lingkungan SMA Negeri 1 Mengwi, 10 dosen dan 3 mahasiswa di lingkungan program studi pendidikan biologi Universitas Mahasaraswati Denpasar. Kegiatan ini berhasil meningkatkan wawasan guru dalam menyusun instrumen keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Melalui penguasaan penyusunan instrumen guru dapat memetakan dan mengevaluasi pembelejaran secara lebih holistik terhadap kemajuan siswa dalam aspek intelektual dan kreatif.
Unduhan
Referensi
A. A. I. Paraniti and P. L. Noviyanti, “Evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Pelaksanaan PPL terhadap Pemahaman Mahasiswa,” J. Bakti Sar., vol. 08, no. 01, 2019, [Online]. Available: https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/article/view/503.
M. Sholihah and N. Amaliyah, “Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 3, pp. 898–905, 2022, doi: 10.31949/jcp.v8i3.2826.
I. W. Redhana, “Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” J. Cakrawala Pendidik., no. 3, pp. 351–365, 2013, doi: 10.21831/cp.v0i3.1136.
A. Sutiani, M. Situmorang, and A. Silalahi, “Implementation of an Inquiry Learning Model with Science Literacy to Improve Student Critical Thinking Skills,” Int. J. Instr., vol. 14, no. 2, pp. 117–138, 2021, doi: 10.29333/iji.2021.1428a.
A. Y. Purwaningsih and H. Herwin, “Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar,” J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 13, no. 1, pp. 22–30, 2020, doi: 10.21831/jpipfip.v13i1.29662.
P. A. Facione, “Critical Thinking?: What It Is and Why It Counts.” Measured Reasons and The California Academic Press, 2011, [Online]. Available: https://philarchive.org/archive/faccta.
A. A. I. Paraniti and K. Suma, “Science Teachers Competencies and Problem in Impementing 2013 Curriculum at Primary and Secondary School in Bali,” J. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 55, no. 3 SE-Articles, Dec. 2022, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/46366.
A. Fricticarani, A. Hayati, R. R, I. Hoirunisa, and G. M. Rosdalina, “Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0,” J. Inov. Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 56–68, 2023, doi: 10.52060/pti.v4i1.1173.
D. Mourtzis, J. Angelopoulos, and N. Panopoulos, “A Literature Review of the Challenges and Opportunities of the Transition from Industry 4.0 to Society 5.0,” Energies, vol. 15, no. 17. 2022, doi: 10.3390/en15176276.
P. A. Facione, “Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction,” California, 1990. [Online]. Available: https://philarchive.org/archive/faccta.
S. Zubaidah, A. D. Corebima, and Mistianah, “Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay,” in Symbion, 2015, no. April 2015, pp. 200–213, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/322315188_Asesmen_Berpikir_Kritis_Terintegrasi_Tes_Essay.
K. Hidayati and E. Listyani, “Pengembangan Isntrumen Kemandirian.Pdf,” Jurnal Penelitisn dan Evaluasi Pendidikan. 2010.