Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pemanfaatan Media AI Sebagai Pembelajaran Inovatif
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3758Keywords:
Artificial Intelligence, Kompetensi Guru, Pelatihan, Pembelajaran InovatifAbstract
Guru sebagai fasilitator utama dalam kegiatan pembelajaran di kelas harus mampu menguasai teknologi. Namun kenyataanya banyak guru masih banyak mengalami kendala serta keterbatasan dalam mengakses dan menggunakan teknologi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan agar dapat meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan media AI sebagai media pembelajaran yang inovatif serta memberikan dampak positif bagi guru dalam mengembangkan ide-ide kreatif sehingga adanya pembelajaran yang bermakna. Kegiatan ini dilakukan bersama guru-guru SMAN 1 Malaka Barat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa diskusi dan pelatihan. Adapun metode tersebut terintegrasi dalam beberapa tahapan antara lain; persiapan, pelaksanaan serta evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan persiapan dan pemahaman peserta terkait penggunaan media AI memberikan dampak positif yang mana adanya antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan serta memahami terkait langkah-langkah dalam meghasilkan media pembelajaran yang inovatif. Kemudian dalam menghasilkan media AI banyak peserta yang sudah menerapkannya dan menghasilkan media pembelajaran berbasis AI setelah mengikuti kegiatan. Selanjutnya media pembelajaran berbasis AI yang sudah dihasilkan akan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Oleh karena kegiatan pelatihan ini mengindikasikan bahwa perlunya pengembangan karir bagi guru dalam meningkatkan profesionalisme sebagai pendidik dengan melakukan seminar ataupun pelatihan-pelatihan agar mampu mengembangkan keterampilan-keterampilan yang dimiliki oleh guru untuk menghasilkan media pembelajaran yang inovatif.
Downloads
References
Y. E. Yuspita et al., “Pemanfaatan Aplikasi AI dalam meningkatkan Kompetensi Guru KKG PAI dalam bidang Kecamatan Baso,” J. Dedikasia J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, p. 136, 2023, doi: 10.30983/dedikasia.v3i2.8085.
F. Dwi Mukti, “Transformasi Pendidikan Di Sekolah Dasar: Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan Dalam Era Digital,” Dirasatul Ibtidaiyahh, vol. 3, no. 2, pp. 229–240, 2023.
R. S. Budiarti, A. Johari, L. Mardiyanti, and D. Mursyd, “PELATIHAN ARTIFICAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGINOVASI PROSES PEMBELAJARAN,” GERVASI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 08, no. 03, pp. 1074–1088, 2024.
A. D. B. Prayanti, L. Hartati, N. Tou, and M. P. Endraswari, “PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI PADA PENYUSUNAN BANK SOAL BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI DI YPN BELINYU,” J. ABDI Insa., vol. 10, no. 3, pp. 1271–1282, 2023.
W. Mahmudah, R. Nisa, and L. Masruroh, “PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLEGENCE,” Communnity Dev. J., vol. 5, no. 5, pp. 9038–9043, 2024.
N. Thalib, L. Puspa, and P. L. Situmorang, “Meningkatkan Kompetensi Guru SMA Negeri Buti Merauke Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dan Artificial Intelligence,” J. Pengabdi. Masy. Bangsa, vol. 2, no. 4, pp. 1053–1059, 2024, doi: 10.59837/jpmba.v2i4.947.
R. Adawiyah, “Strategi Pelatihan dan Pengembangan Guru di Era Kecerdasan Buatan (AI) untuk Optimalisasi Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam,” AJMIE Alhikam J. Multidiscip. Islam. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 276–290, 2024.
M. A. Naufal and A. C. Pratiwi, “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Teknologi AI untuk Pengembangan Media Pembelajaran dan Evaluasi di Kabupaten Jeneponto,” JHP2M J. Hasil-Hasil Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 205–211, 2024.
V. Mandailina, S. Syaharuddin, and A. Abdillah, “Pelatihan Penerapan Teknologi Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran,” Darma Diksani J. Pengabdi. Ilmu Pendidikan, Sos. dan Hum., vol. 4, no. 1, pp. 26–37, 2024, doi: 10.29303/darmadiksani.v4i1.4928.
E. M. Retta, N. S. Pasaribu, N. Annisa, R. Siregar, and L. Transliova, “Eksplorasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Guru dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi,” IJEDR Indones. J. Educ. Dev. Res., vol. 2, no. 2, pp. 1139–1145, 2024, doi: 10.57235/ijedr.v2i2.2533.
L. D. Putra, N. Qur’ani, S. Indrayani, and M. F. Utami, “KOMPETENSI GURU DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI PAKEL,” Guru Kita, vol. 7, no. 4, pp. 803–812, 2023.
P. Y. Utami, M. Hakiki, and U. Ruhama, “PENINGKATAN KAPASITAS GURU SMA MUHAMMADIYAH 2 MELALUI RANCANGAN PEMBELAJARAN BASED ARTIFICAL INTELLIGENCE,” J. ABDI Insa., vol. 11, no. 4, pp. 2084–2093, 2024.
T.-T. H. I’n, “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif berbasis Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih,” at-Tarbiyah al-Mustamirrah J. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 1–14, 2023, doi: 10.31958/atjpi.v4i1.6124.
P. Eodytha, A. Purnomo, K. Agustini, and I. G. W. Sudatha, “Peran Flipbook Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Abad 21 Peran Flipbook Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Abad 21,” JRIP J. Ris. dan Inov. Pembelajaran, vol. 4, no. 3, pp. 2001–2015, 2024.