Penggunaan Fabel Digital Berbasis Kearifan Lokal Melalui Metode Story Telling dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Tk Aisyiyah Busthanul Athfal 37
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3734Keywords:
Anak, Era Digitalisasi, Fabel Digital, Minat BacaAbstract
Latar Belakang: Alasan minat baca siswa di Indonesia rendah disebabkan karena penggunaan smartphone yang kurang tepat dan kebiasaan membaca yang tidak dilatih sejak dini. Kebiasaan membaca harus dimulai sedini mungkin termasuk saat anak memasuki taman kanak-kanak (TK). Namun, kebanyakan siswa lebih memilih menggunakan smartphone untuk menonton video di youtube dan bermain game dibandingkan dengan membaca buku. Tujuan: kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa melalui stimulasi buku dongeng fabel digital berbahasa Banjar. Metode: Kegiatan ini diikuti oleh 60 siswa Aisyiyah Bustanul Athfal 37 yang berlangsung dari 2 hingga 14 September 2024. Kegiatan mencakup sesi pemberian buku dongeng fabel digital berbahasa Banjar melalui metode story telling dilanjutkan dengan pengukuran minat baca melalui observasi menggunakan instrumen yang terdiri dari 3 indikator yakni attention, interest dan desire. Hasil: terdapat peningkatan pada minat baca siswa setelah diberikan buku dongeng fabel digital berbahasa Banjar. Kesimpulan: Minat baca siswa dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan media digital, guru dapat mengaplikasikan buku dongeng fabel ini di sela waktu belajar siswa.
Downloads
References
Utami, “Tingkat Literasi Indonesia di Dunia.” Accessed: Jun. 22, 2023. [Online]. Available: https://perpustakaan.kemendagri.go.id/
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, “Data Tingkat Kegemaran Membaca (TGM).” Accessed: Jun. 22, 2023. [Online]. Available: https://katalog.data.go.id/
E. N. Bali, Olgamina Panmaley, and Felisitas Ndeot, “Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” Jurnal Prodi PLS Universitas Nusa Cendana, vol. 1, Apr. 2022. DOI: https://doi.org/10.35508/efapls.v2i1.7027
N. Hasanah, Devi Yunita, Maulana Fansyuri, Khoirun nisya, and Sherlvi Eka Tassia, “Pemanfaatan Buku Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Dan Balita,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat KOMMA, vol. 3, no. 1, 2022, Accessed: Jun. 22, 2023. [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/16781
American Academy of Pediatric (AAP), “Media Violence,” Committe on Public Edication.
Y. C. Etnanta and Ana Irhandayaningsih, “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Semarang,” Jurnal Ilmu Perpustakaan, vol. 6, no. 1, pp. 371–380, 2017. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23095
S. Anggraini, Buku Ajar Keperawatan Anak. Pontianak: Yudha English Gallery, 2021.
S. Anggraini, Lanawati, A. Susanti, and D. Mahdiyah, “The Effect of Giving a Book of Digital Fables in Banjar Language on the Anxiety Level of Children with Cancer Undergoing Chemotherapy During the Covid-19 Pandemic,” Indonesian Nursing Journal of Education and Clinic (INJECT), vol. 7, no. 2, pp. 242–248, Dec. 2022. DOI: http://dx.doi.org/10.24990/injec.v7i2.512
N. Kucirkova, “Children’s Reading With Digital Books: Past Moving Quickly to the Future,” Child Dev Perspect, vol. 13, no. 4, pp. 208–214, Dec. 2019, doi: 10.1111/cdep.12339. DOI: https://doi.org/10.1111/cdep.12339
Y. Widhiastari, “Pengaruh Berdongeng Fabel Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Yang Menjalani Hospitalisasi Saat Pemberian Obat di Ruang Cilinaya RSD Mangusada,” STIKES Bina Usada Bali. Accessed: May 03, 2025. [Online]. Available: http://repository.binausadabali.ac.id/157/
N. A’diilah and I. Somantri, “Efektifitas Terapi Mendongeng terhadap Kecemasan Anak Usia Toddler dan Prasekolah Saat Tindakan Keperawatan,” Jurnal Keperawatan Padjadjaran, vol. 4, no. 3, Apr. 2017, doi: 10.24198/jkp.v4i3.287. DOI: https://doi.org/10.24198/jkp.v4i3.287
D. L. Wong, Ho. ME, W. D, W. LM, and P. Schwartz, Buku Ajar: Keperawatan Pediatrik, 6th ed. Jakarta: EGC, 2009.
Y. Anggriani, “Pemanfaatan Gadget Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Di Keluarga,” Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 2020. DOI: https://doi.org/10.20473/jpua.v10i2.2020.138-147