Upaya Meningkatkan Sosial Emosional Anak melalui Program Funshare: Inovasi Pengabdian Kolaboratif di SD Inpres Doyo Baru

Authors

  • Riski Tasijawa Jurusan Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Sentani, Indonesia
  • Krislina Pattipeiluhu Jurusan Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Sentani, Indonesia
  • Dorce Bu’tu Jurusan Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Sentani, Indonesia
  • Santy Layan Jurusan Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Sentani, Indonesia
  • Yustinus Polhaupessy Jurusan Musik Gereja, Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Sentani, Indonesia
  • Yansa Anse Pattipeiluhu Prodi Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Indonesia
  • Kornelia Maryanti Da Silva Jurusan Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Sentani, Indonesia
  • Cristian Msen Jurusan Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Sentani, Indonesia
  • Albertina Insyur TK Negeri Pembina Senggi-Keerom, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3704

Keywords:

Funshare, Kolaborasi, Pendidikan Dasar, Pengabdian Masyarakat, Sosial Emosional Anak

Abstract

Masalah sosial emosional anak di SD Inpres Doyo Baru, seperti rendahnya keberanian berbicara, interaksi yang terbatas antar kelompok budaya, dan kurangnya empati, mendorong perlunya intervensi berbasis kontekstual. Program Funshare dikembangkan sebagai upaya pengabdian masyarakat untuk meningkatkan keterampilan sosial emosional anak melalui pendekatan partisipatif dan kolaboratif. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, terdiri dari enam sesi tematik yang melibatkan permainan edukatif, diskusi kelompok, dan aktivitas berbagi. Evaluasi dilakukan melalui observasi langsung, catatan fasilitator, dan wawancara dengan guru. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek kerja sama (80%), kemampuan bersosialisasi (75%), ekspresi emosi (70%), dan empati (60%). Anak-anak menjadi lebih terbuka, berani berbicara, dan aktif menjalin hubungan sosial lintas kelompok. Kegiatan ini berdampak pada terciptanya lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung pengembangan karakter anak. Funshare terbukti sebagai model efektif dalam menumbuhkan keterampilan sosial emosional anak di lingkungan pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. Blewitt et al., “Social and Emotional Learning Associated With Universal Curriculum-Based Interventions in Early Childhood Education and Care Centers: A Systematic Review and Meta-analysis,” JAMA Netw Open, vol. 1, no. 8, 2018, https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2018.5727

J. A. Durlak, R. P. Weissberg, A. B. Dymnicki, R. D. Taylor, and K. B. Schellinger, “The Impact of Enhancing Students’ Social and Emotional Learning: A Meta-Analysis of School-Based Universal Interventions,” Child Dev, vol. 82, no. 1, 2011, https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2010.01564.x

T. L. Sadiah, S. M. Dewi, and Y. Nur DS, “Teacher’s efforts in improving the social-emotional development of elementary school-aged children,” Gema Wiralodra, vol. 14, no. 2, 2023, https://doi.org/10.31943/gw.v14i2.321

Y. A. S. Lesmoyo, K. Kartinah, S. Sukamto, and A. S. Rini, “Pola Pembentukan Hubungan Sosial Emosional di Lingkungan Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 4, 2023, https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5949

E. Nathania, K. Mahdiyyah, K. Chaidir, Y. Phalapi, and T. Wiguna, “The relationship between empathy, prosocial behavior, peer relationships, and emotional problems in elementary schoolchildren in Indonesia,” in Journal of Natural Science, Biology and Medicine, 2019. https://doi.org/10.31102/alulum.10.3.2023.302-314.

A. K. Tay, S. Rees, M. Kareth, M. Mohsin, N. Tam, and D. Silove, “Associations between family-level adversity and society-level trauma with emotional and behavioural problems amongst children of West Papuan refugees,” Eur Child Adolesc Psychiatry, vol. 30, no. 6, 2021, https://doi.org/10.1007/s00787-020-01569-6

L. M. Vaughn and F. Jacquez, “Participatory Research Methods – Choice Points in the Research Process,” J Particip Res Methods, vol. 1, no. 1, 2020, https://doi.org/10.35844/001c.13244

U. S. Maulidiyah and F. Fatchurrahman, “Nilai Pendidikan Karakter Siswa Dalam Pembiasaan Shadaqah Sentra Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra Antasena Salaman Kabupaten Magelang,” Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, vol. 10, no. 3, 2023, https://doi.org/10.31102/alulum.10.3.2023.302-314

A. N. Chasanah, D. Puspitasari, M. F. Wardhani, R. Herawati, and R. A. Budiantoro, “Gerakan Pengenalan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini (PAUD) di RA Terpadu Al-Qolam Semarang,” Surya Abdimas, vol. 6, no. 3, pp. 500–512, 2022. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i3.1862

L. Nurfatmawati, S. Sukirno, A. Nurrahman, and M. Meinarsih, “Implementasi Pendidikan Literasi Finansial Anak Usia Dini: Studi Kasus di Lembaga TK Kota Yogyakarta,” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 5, 2023, https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5199

Y. B. Pujiniarti, “Manajemen Program Sedekah Seribu Sehari Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini.,” Journal of Syntax Literate, vol. 9, no. 8, 2024. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i8.16458

R. A. Oktavianti, A. S. Ifadah, and F. A. Fatmawati, “Sedekah Sebagai Media dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial pada Anak Usia Dini,” Aulad: Journal on Early Childhood, vol. 6, no. 3, 2023, https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.555

Z. O. Luvita and A. Rahma, “Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Di Tk Aba Sekampung Lampung Timur,” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, vol. 11, no. 1, pp. 91–115, 2025. https://doi.org/10.22373/bunayya.v11i1.29166

D. Utamy, E. Afiati, and P. Dian Dia Conia, “Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kolaboratif untuk Meningkatkan Perilaku Empati Anak Usia Dini,” Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, vol. 3, no. 2, 2021, https://doi.org/10.59261/jequi.v3i2.44

Published

2025-08-26

How to Cite

Tasijawa, R., Pattipeiluhu, K., Bu’tu, D., Layan, S., Polhaupessy, Y., Pattipeiluhu, Y. A., Da Silva, K. M., Msen, C., & Insyur, A. (2025). Upaya Meningkatkan Sosial Emosional Anak melalui Program Funshare: Inovasi Pengabdian Kolaboratif di SD Inpres Doyo Baru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(4), 966-978. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3704