Pemberdayaan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Sidrap melalui Inovasi Kewirausahaan Berkelanjutan dan Strategi Transformasi Digital

Authors

  • Sandi Lubis Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Rappang, Indonesia
  • Inna Mutmainna Cahyani Thahir Jurusan Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Rappang, Indonesia
  • Muhammad Akbar Ali Darlis Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Rappang, Indonesia
  • Ainul Mardia Jurusan Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Rappang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3674

Keywords:

Inovasi Kewirausahaan, Pemberdayaan Ekonomi, Pembelajaran Partisipatif, Pengembangan Organisasi Pemuda, Transformasi Digital

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat kemandirian ekonomi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Sidrap melalui inovasi kewirausahaan berkelanjutan dan pemanfaatan teknologi digital berbasis cloud. Kegiatan dilaksanakan melalui lokakarya partisipatif dan diskusi kelompok terfokus yang melibatkan anggota IMM, pelaku usaha lokal, dan alumni. Fokus program mencakup penguatan kapasitas dalam pemodelan bisnis, inovasi produk, pemasaran digital, branding, serta pengelolaan keuangan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pola pikir kewirausahaan, keterampilan praktis, dan inisiatif peserta. Peserta mampu merancang dan mempromosikan usaha baru dengan memanfaatkan platform digital secara efektif. Selain itu, kegiatan ini mendorong kolaborasi organisasi, kepercayaan diri, dan semangat berwirausaha di kalangan anggota IMM. Program ini terbukti memberikan dampak positif dalam membentuk ekosistem kewirausahaan yang adaptif dan berkelanjutan. Model pemberdayaan ini dapat direplikasi oleh organisasi pemuda lain sebagai strategi transformasi ekonomi yang kontekstual dan kolaboratif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. K. Sari and E. W. Maryam, “Overview of the Collective Benefits of Members of the Muhammadiyah Student Association (IMM),” J. Islam. Muhammadiyah Stud., vol. 2, pp. 1–7, Feb. 2022, doi: 10.21070/jims.v2i0.1538.

Ninik Srijani, S. Riyanto, Diyah Santi Hariyani, and Ihtiari Prastyaningrum, “PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI KEGIATAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP PADA MAHASISWA,” J-ABDI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 8, pp. 1707–1714, Jan. 2022, doi: 10.53625/jabdi.v1i8.740.

Rahma Nurul Adhani, Vivi Rahmawati, and Ichsan Fauzi Rachman, “Meningkatkan Kesadaran Digital: Peran Literasi Digital Dalam Merespon Masalah Moral dan Ketimpangan Sosial Menuju Pencapaian SDGS 2030,” J. Ilm. Pendidik. Kebud. DAN AGAMA, vol. 2, no. 3, pp. 107–114, May 2024, doi: 10.59024/jipa.v2i3.752.

R. Aisyi et al., “Pelatihan Digital Marketing bagi Pedagang Kecil di Gampong Keude Karieng untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan,” Ibrah J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 106–116, Dec. 2024, doi: 10.47766/ibrah.v3i2.4840.

H. E. Syahputra, O. D. P. Simanjuntak, R. Purba, and S. Zega, “Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Cloud Computing Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Medan,” J. Mutiara Akunt., vol. 7, no. 1, pp. 58–69, 2022, doi: 10.51544/jma.v7i1.2972.

K. Kasmiati, “PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN USAHA BERBASIS TEKNOLOGI PADA HOME INDUSTRY,” ABDINA J. Sos. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, Jan. 2023, doi: 10.28944/abdina.v1i2.846.

Sulistyaningsih, “Reconsidering the Implementation of Participatory Action Research and Community Development Courses at Sociology Department,” in Annual International Conference on Social Sciences and Humanities (AICOSH 2020), Paris, France: Atlantis Press, 2020. doi: 10.2991/assehr.k.200728.020.

Eca Wulandari, Hilpi Hilpia, and Anisa Rahma, “Pembelajaran Fonetik Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Asal Sunda,” Morfol. J. Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, vol. 1, no. 4, pp. 37–45, Aug. 2023, doi: 10.61132/morfologi.v1i4.222.

Ida Hindarsah, Yuce Sariningsih, Yusep Ikrawan, Heri Erlangga, Erik, and Andry Mochamad Ramdan, “Model of Start Up Management to Strengthen Student Entrepreneurship Program in The MERDEKA Campus,” Quant. Econ. Manag. Stud., vol. 4, no. 1, pp. 51–60, Jan. 2023, doi: 10.35877/454RI.qems1369.

N. Hairunisya, S. R. Rindrayani, and H. Subiyantoro, “Community development and social welfare through entrepreneurship management training,” Asian Manag. Bus. Rev., pp. 107–120, Aug. 2023, doi: 10.20885/AMBR.vol3.iss2.art1.

A. S. Rahman, C. Sembodo, R. Kurnianingsih, F. Razak, and M. N. Amin, “Participatory Action Research Dalam Pengembangan Kewirausahaan Digital Di Pesantren Perkotaan,” Ulumuddin J. Ilmu-ilmu Keislam., 2021, doi: 10.47200/ULUMUDDIN.V11I1.766.

W. Liu, “The cognitive basis of thematic analysis,” Int. J. Res. Method Educ., vol. 47, no. 3, pp. 277–287, May 2024, doi: 10.1080/1743727X.2023.2274337.

M. Himphinit and I. Astia, “Systemic Functional Linguistics: Analyzing the Theme System and Thematic Progression in Indonesian University Students’ English Writing,” 2023, [Online]. Available: https://consensus.app/papers/systemic-functional-linguistics-analyzing-the-theme-himphinit-astia/67974ebcc79a51bd99f08612e18b5d48/?utm_source=chatgpt

S. Sarjiyanto, Y. A. Mulki, and N. Istiqomah, “The Impact of Typology Capital on Community Empowerment Programs: Evidence from Rural Development in Indonesia,” J. Ekon. Stud. Pembang., 2024, doi: 10.18196/jesp.v25i1.20083.

N. R. Fauzian, E. Prasojo, M. A. Muslim, and S. Wangsaatmaja, “Digitalised Talent Management in Public Sector: A Lesson Learned from the West Java Provincial Government,” J. Law Sustain. Dev., 2024, doi: 10.55908/sdgs.v12i2.2559.

P. H. I. Jaya, A. Izudin, and R. Aditya, “New Age of Indonesian Local Tourism Development: Community Bonding, Youth Work, and Selling Tourism,” Komunitas, 2022, doi: 10.15294/komunitas.v14i2.35915.

A. Rachman, S. Bulkis, and Hasbi, “Youth participation in the creative economy and community empowerment,” in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2020. doi: 10.1088/1755-1315/473/1/012077.

E. Suryani, M. Anwar, and E. Ramdani, “Penerapan Teknologi Digital dalam Kewirausahaan: Pengaruh Media Sosial terhadap Penjualan UMKM,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 22, no. 2, pp. 123–136, 2019.

B. Wijayanto, Y. Harsono, and A. Lestari, “Pemanfaatan E-Commerce untuk Meningkatkan Penjualan UMKM di Indonesia,” J. Sist. Inf., vol. 16, no. 2, pp. 65–78, 2020.

M. C. Gearhart, “Mutual Efficacy, Self-Efficacy, and Collective Efficacy Theory: An Examination of Empowerment and Activism,” Soc. Work, 2023, doi: 10.1093/sw/swad018.

A. Masse, A. S. Ilyas, S. Tinggi, I. Administrasi, and Y. Makassar, “Evaluating Community Participation in the Public Policy Formulation Process in Indonesia,” ePaper Bisnis Int. J. Entrep. Manag., 2024, doi: 10.61132/epaperbisnis.v1i3.90.

B. Widuroyekti, H. Luluk, and A. N. Budiono, “Reflections on Learning and Student Well-being and Learning Achievement,” IJORER Int. J. Recent Educ. Res., vol. 5, no. 6, pp. 1420–1432, 2024.

Published

2025-08-26

How to Cite

Lubis, S., Cahyani Thahir, I. M., Ali Darlis, M. A., & Mardia, A. (2025). Pemberdayaan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Sidrap melalui Inovasi Kewirausahaan Berkelanjutan dan Strategi Transformasi Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(4), 858-866. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3674