Optimalisasi Website Sebagai Media Branding Dan Digital Marketing Batik Lamongan Pada Produsen Titik Batik di Desa Surabayan Kabupaten Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3376Keywords:
Batik Lamongan, Digital Marketing, Website, Media Branding, Titik BatikAbstract
Dengan berkembangnya teknologi, para pelaku UMKM perlu mengembangkan usahanya agar tidak ketinggalan dalam memanfaatkan media digital dalam mempromosikan dan memasarkan produknya. Produsen Titik Batik merupakan salah satu UMKM di Desa Surabayan Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan yang berperan dalam melestarikan Batik Lamongan. Selama ini, Titik Batik memasarkan produknya secara tradisional melalui pameran, penjualan langsung, dan promosi dari mulut ke mulut. Cara ini hanya efektif dalam menjangkau pelanggan lokal di Kabupaten Lamongan saja. Banyak masyarakat yang belum mengenal seperti apa motif batik lamongan. Untuk meningkatkan jangkauan pasar dan menjangkau pelanggan di luar Lamongan, Titik Batik membutuhkan strategi pemasaran yang lebih luas. Meningkatnya penggunaan internet dan teknologi memberikan peluang yang sangat besar bagi UMKM seperti Titik Batik untuk menggunakan platform online sebagai media promosi dan pemasaran. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membantu Titik Batik dalam melakukan promosi secara digital dengan menerapkan website sebagai media agar produk lebih diketahui oleh konsumen lebih luas dan meningkatkan penjualan. Metode dari kegiatan ini yaitu membuat sebuah website sebagai media branding dan marketing digital dan kemudian memberikan pelatihan sebagai transfer knowledge dalam penggunaan website. Hasil dari kegiatan ini adalah sebuat website Titik Batik yang dapat digunakan sebagai media branding dan marketing yang berisi mengenai identitas dari Titik Batik, Produk serta Portofolio dari Konsumen Batik Lamongan. Hasil lainnya yaitu Batik Lamongan semakin dikenal karena informasi tentang Batik Lamongan dapat di akses oleh masyarakat dimanapun dan kapanpun. Hal ini berdampak pada keberlanjutan UMKM Produsen Titik Batik adalam memasarkan Batik Lamongan kepada masyaraka serta adanya peningkatan penjualan menjadi lebih luas.
Downloads
References
A. Candra, & H. Ismail. "Optimalisasi Pemberdayaan UMKM Tas Kulit Di Tanggulangin Berbasis Digital Marketing". Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 2023, vol. 20 no.1, pp 126– 139. https://doi.org/10.59050/jian.v20i1.198
P. Trulline. "Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce". Jurnal Manajemen Komunikasi, 2021, vol 5 no.2, 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
L.K. Pitaloka, Kardoyo. " Membuka Pintu Pasar Digital: Pelatihan Pemasaran Digital untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM Olahan Pangan di Salatiga". Madaniya, 2023, Vol. 4, No. 4.
C. S. Bangun, S. Purnama,“Optimalisasi Pemnafaatan Digital Marketing Untuk UMKM,” ADIMAS: Adi Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 3, no. 2 Mei 2023, p-ISSN 2774-597x e-ISSN 2774-5988
Suprianik, H Hulaifah, Y. H. Rohmah, A. Isnaini. “Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Fashion di Lazarus Batik”. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2022, Volume X; Nomor X; Page 04-07.
I. Christiana, L. P. Putri, R. A. Putra. “Edukasi Penerapan Digital Marketing Bagi Pengarajin UMKM”. jurnal Abdi Sabha, 2023, E-ISSN: 2746-3591.
A. Maududia, A. Supandib, P. Hendrarso. " Tren Platform Digital Marketing pada pelatihan Pemasaran Digital UMKM di Indonesia pada Artikel Jurnal terindeks Google Sholar". Seminar Nasional Ilmu Adminstrasi (SEMNASIA). 2024.
Hariyana.” Dampak Marketing Digital Online Pada Keputusan Pembelian Produk UMKM” Prosiding Senapan. 2022. https://doi.org/10.33005/senapan.v2i2.190.
Firdaus, N. A. Maiyendra, R. Wahyuni., “ Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi Pada Batik Karang Setio”., Jurnal KomtekInfo , Vol.7 No.2 Tahun 2020, e-ISSN :2502-8758, p-ISSN : 2356-0010
K. Rafiah, & H. Kirana. "Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor". JESYA (Jurnal Ekonomi Dan EkonomiSyariah), 2019. 2(1), 188–198.
Susanti. "Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor". Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 2020, 1(2), 36.