Sosialisasi Penerapan Pendidikan Seksual Pada Guru Taman Kanak-Kanak sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini di Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai

Penulis

  • A. Octamaya Tenri Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar https://orcid.org/0000-0003-2199-3147
  • Muhammad Syukur Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
  • Darman Manda Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
  • Supriadi Torro Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Rahman Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
  • Nurlela Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
  • Najamuddin Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.690

Kata Kunci:

Pendidikan seksual, anak usia dini, Guru

Abstrak

Tindak kekerasan seksual yang terjadi pada anak usia dini secara kuantitas semakin meningkat. Pendidikan seksual secara dini diharapkan mampu menjadi solusi untuk menguranginya. Guru taman kanak-kanak memiliki andil yang cukup besar untuk mensosialisasikannya. Akan tetapi kurangnya informasi dan pengetahuan mengakibatkan guru taman kanak-kanak sulit dalam mengintegrasikan pendidikan seksual di kelas. Pendidikan seksual dengan permainan dapat menjadi solusi dalam mengintegrasikan pendidikan seksual pada anak usia dini. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan seksual secara benar pada anak usia dini. Jumlah peserta sebanyak 16 orang yaitu guru taman kanak-kanak yang tersebar dalam 8 Sekolah Taman Kanak-kanak yang ada di Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Metode yang digunakan adalah metode sosialisasi/ pelatihan aktif melalui diskusi dan tanya jawab yang dilaksanakan dalam satu hari pelaksanaan yang diakhiri dengan melakkan postest. Hasil dari sosialisasi ini diharapkan meningkatnya pengetahuan dan kemampuan peserta dalam mengintegrasikan pendidikan seksual dalam proses pembelajaran dikelas. Yang di tunjukkan dengan perubahan angka rerata pretest dan post tes yaitu dari skor 60.08 menjadi 88,05.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. O. T. Awaru, “The Social Construction of Parents’ Sexual Education in Bugis-Makassar Families,” Society, vol. 8, no. 1, pp. 175–190, 2020.

A. O. T. Awaru, R. Idris, and A. Agustang, “Sexual Education at High School Sinjai East,” 2018.

L. H. Nainggolan, “Bentuk-Bentuk Kekerasan Seksual Terhadap Anak Di Bawah Umur,” J. Equal., vol. 13, no. 1, pp. 73–81, 2008.

T. E. Jatmikowati, R. Angin, and E. Ernawati, “Model dan materi pendidikan seks anak usia dini perspektif gender untuk menghindarkan sexual abuse,” Cakrawala Pendidik., no. 3, p. 87198, 2015.

S. S. Ummah, “Peran Guru sebagai Pendidik dalam Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini di RA Darul Himam Ajung Kalisat Jember.” Institut Agama Islam Negeri Jember, 2020.

D. M. A. Kharisma, “PERSEPSI GURU TERHADAP PENDIDIKAN SEKS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS RIMBA RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2019-2020.”

A. Aprilia, “Perilaku Ibu dalam Memberikan Pendidikan Seks Usia Dini pada Anak Pra Sekolah (Studi Deskriptif Eksploratif di TK IT Bina Insani Kota Semarang),” J. Kesehat. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 619–628, 2015.

S. Marlina and R. Pransiska, “PENGEMBANGAN PENDIDIKAN SEKS DI TAMAN KANAK-KANAK,” Yaa Bunayya J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 1–12, 2018.

Y. T. Ningsih, “Pelatihan pendidikan seksual untuk meningkatkan pengetahuan tentang seksualitas anak pada guru di Kab. Tanah Datar,” J. RAP (Riset Aktual Psikol. Univ. Negeri Padang), vol. 9, no. 2, pp. 205–212, 2018.

E. R. Wijhati and S. Suharni, “Pelatihan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Pada Kader ‘Aisyiyah Ranting Pandeyan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta,” Aksiologiya J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 82–87, 2018.

M. Fadlillah, Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media, 2019.

M. Fadlillah, Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada Media, 2016.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-19

Cara Mengutip

Tenri, A. O., Syukur, M., Manda, D. ., Torro, S., Rahman, A., Nurlela, N., & Najamuddin, N. (2022). Sosialisasi Penerapan Pendidikan Seksual Pada Guru Taman Kanak-Kanak sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini di Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 445-450. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.690