Strategi Bisnis Camilan di Kalapagunung, Kuningan, Jawa Barat untuk Menjamin Penghasilan Rutin

Penulis

  • Jenny Renata Notosoedarjo Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Aleishya Brynda Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Michelle Tan Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • David Eka Wijaya Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Fathurrahman Al Ghozi Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Justin Halim Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Putu Glenn Artistro Yadi Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia
  • Teguh Endaryono Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3614

Kata Kunci:

Konsinyasi, Pemberdayaan Mitra, Pengembangan Bisnis, UMKM

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pendampingan kewirausahaan ini bertujuan untuk untuk meningkatkan penjualan melalui beragam cara seperti konsinyasi dan pembentukan warung. Kegiatan pendampingan kewirausahaan ini melibatkan mitra Ibu Nur, pemilik dari bisnis Nurfahmi Snack. Metode pengambilan keputusan dan analisa SWOT digunakan untuk mendapatkan pemahaman dan keputusan yang sistematis dan rasional sebagai respon terhadap masalah yang dialami Nurfahmi Snack. Hasil dari pendampingan yang dilakukan adalah rumusan meningkatkan penjualan produk akan memberikan peluang bagi Nurfahmi Snack untuk mendapatkan penghasilan rutin harian dari warung dan penghasilan mingguan atau dwimingguan dari cara konsinyasi. Penting juga bagi Nurfahmi Snack adalah pencatatan keuangan atau akuntansi yang disiplin. Dengan mengkolaborasikan kedua metode tersebut, usaha bisnis Nurfahmi Snack dapat memiliki ketersediaan kas yang cukup sehingga dapat menjamin kegiatan operasional usaha dengan baik. Ketersediaan kas minimum dapat diperoleh melalui metode penjualan dengan warung, sementara itu profit dalam jumlah yang lebih besar dapat diperoleh melalui metode konsinyasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. M. Benung, A. G. Devano, and C. N. Ridla, “Penggerak Pembangunan Desa?: Optimalisasi Potensi Lokal Melalui KKN Desa Petungsewu,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 4, no. 5, pp. 803–815, 2024.

D. Palacios-marqués, M. Guijarro, M. Martí, M. Pilar, and A. Mari, “Social entrepreneurship and organizational performance?: A study of the mediating role of distinctive competencies in marketing,” J. Bus. Res., vol. 101, no. February, pp. 426–432, 2019.

N. J. Foss and T. Knudsen, “The Resource-Based Tangle: Towards a Sustainable Explanation of Competitive Advantage,” Manag. Decis. Econ., vol. 24, no. 4, pp. 291–307, 2003.

P. Purnamasari and I. Umiyati, “Asymmetric Cost Behavior dan Pilihan Strategi,” J. Reviu Akunt. dan Keuang., vol. 9, no. 1, pp. 24–33, 2019.

C. E. Armstrong, “Competence or flexibility? Survival and growth implications of competitive strategy preferences among small US businesses,” J. Strateg. Manag., vol. 6, no. 4, pp. 377–398, 2013.

T. Endaryono, “Identifikasi Motivasi Wirausaha Perempuan Pedesaan Dengan Hadirnya Mitra Pembangun Berdasarkan Pendekatan Teori Harapan,” Matrik J. Manajemen, Strateg. Bisnis dan Kewirausahaan, p. 179, 2016.

D. Nurmadewi, S. S. Informasi, U. Bakrie, J. Selatan, and D. Binaan, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Kasir untuk Meningkatkan Efisiensi Pencatatan Transaksi di Jakarta Selatan,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 5, no. 1, pp. 135–141, 2025.

B. Hulbert, A. Gilmore, and D. Carson, “Opportunity recognition by growing SMEs: a managerial or entrepreneurial function?,” J. Strateg. Mark., vol. 23, no. 7, pp. 616–642, 2015.

L. Corazza, M. Cisi, and G. Falavigna, “The enabling role of formalized corporate networks to drive small and medium-sized enterprises toward sustainability,” Bus. Strateg. Environ., vol. 31, no. 1, pp. 545–558, 2022.

P. Frow, J. R. Mccoll-kennedy, and A. Payne, “Industrial Marketing Management Co-creation practices?: Their role in shaping a health care ecosystem,” Ind. Mark. Manag., vol. 56, pp. 24–39, 2016.

E. Martinelli, G. Tagliazucchi, and G. Marchi, “The resilient retail entrepreneur: dynamic capabilities for facing natural disasters,” Int. J. Entrep. Behav. Res., vol. 24, no. 7, pp. 1222–1243, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-26

Cara Mengutip

Notosoedarjo, J. R., Brynda, A., Tan, M. ., Wijaya, D. E., Al Ghozi, F., Halim, J., Yadi, P. G. A., & Endaryono, T. (2025). Strategi Bisnis Camilan di Kalapagunung, Kuningan, Jawa Barat untuk Menjamin Penghasilan Rutin. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(4), 880-888. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3614