Sosialisasi Dampak Perilaku Bullying Pada Siswa SMPS 1 PGRI Sungai Raya Kepulauan

Penulis

  • Abd Basith Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Dewi Mariana Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Instiut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Kamaruddin Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Insan Suwanto Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Slamat Fitriyadi Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Desy Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Sri Almawati Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Zidni Mawazid Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3573

Kata Kunci:

sosilaisasi, Perilaku bullying

Abstrak

Bullying merupakan tindakan yang sering kali muncul di lingkungan Pendidikan. Siswa sering kali menjadi korban atau bahkan menajdi pelaku. Ini tentunya disebabkan karena pemahaman siswa yang belum baik terhadap bullying itu sendiri. Perilaku bullying yang biasa terjadi di Sekolah seperti ejekan, ancaman, dan pemukulan. Tujuan pengabdian ini yaitu agar peserta didik SMPS 1 PGRI Sungai Raya Kepulauan mendapatkan pemahaman mengenai apa saja yang termasuk tindakan bullying, apa dampak dari bullying dan bagaimana cara mengatasi bullying apabila peserta didik menjadi pelaku bullying. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode sosialisasi yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil pengabdian yang telah dilakukan, diketahui bahwa aspek verbal bullying mencapai 75% dengan kategori tinggi, aspek physical bullying mencapai 65% dengan kategori tinggi, aspek social bullying mencapai 50% dengan kategori sedang, aspek cyber bullying mencapai 62% dengan kategori rendah, aspek sexual bullying mencapai 55% yang berada pada kategori tinggi, dan  aspek cara menghadapi bullying mencapai 60% dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sosialisasi dampak perilaku bullying pada siswa berjalan dengn lancar. Ini tentunya berimplikasi pada kehidupan sekolah yang nyaman, aman, dan menyenangkan sebagai dampak dari munculnya kesadaran siswa tentang perilaku bullying.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Widiyanti, W, “Mengenal perilaku bullying di sekolah”, Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, vol. 3, no. 1, pp. 55-68, 2019.

Zakiyah, E. Z, Humaidi, S., & Santoso, M. B, “Faktor-faktor yang mempengaruhi remaja melakukan bullying”, Jurnal Penelitian & PPM Unpad, vol. 4, no. 2, pp. 324-330, 2017.

Wiyani, N.A, “Save Our Children From School Bullying”, Yogyakarta: ArRuzz Media, 2012.

Soedjatmiko, dkk, “Gambaran Bullying dan Hubungannya dengan Masalah Emosi dan Perilaku Pada Anak Sekolah Dasar”, Sari Pediatri, vol. 15, no. 3, pp. 174-180, 2013.

Olweus, D, “Bullying at School: What We Know and What We Can Do Cornwall”, Blackwell Publishing, 1993.

Thompson, David, Aurora, Tiny dan Sharp, Sonia, “Bullying : Effective Strategic for Long Term Improvement”, London : Routledge & Farmer, 2002.

Elliot, Michele, “Bullying : A Practical Guide to Coping for School. 3nd Eclitim”, London : Pearson Education Ltd, 2002.

Coloroso, B, “Stop Bullying”, Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 2007.

Magfirah, Udan Rachmawati, M.A, “Hubungan Antara Iklim Sekolah dengan Kecenderungan Perilaku Bullying”. Psikohumanika, 2009.

Kusumasari Kartika Hima Darmayanti dkk, “Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya”, Depok: Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 17 No. 1, pp. 58, 2019

Masturina, D, “Pengaruh Kompetensi Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perencanaan Karir”. Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 6, No. 2, pp. 198-205, 2018.

Khairunisa, K, Neviyarni, N., Marjohan, M., Ifdil, I., & Afdal, A., “Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eklektik Untuk Menurunkan Tingkat Stress Pada Peserta Didik Korban Bullying”. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, Vol. 8, No. 2, pp. 104-111, 2022.

Febriana, B, “Penurunan Kecemasan Remaja Korban Bullying Melalui Terapi Kognitif”. IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices), Vol. 1, No. 2, pp. 1-8, 2017.

OECD, “PISA 2018 Result Combined Executive Summaries”. PISAOECD Publishing, 2019.

KPAI, Sejumlah Kasus Bullying sudah warnai catatan masalah anak di awal 2020, Begini kata Komisioner KPAI”. Publikasi Utama, 2020. https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnaicatatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai

Hermini., Aeni, T., Crestiani, J., Indah, O. D., & Paldy, “Sosialisasi Anti-Bullying: Ayo Saling Menolong”. Madaniya, Vol. 4, No. 1, pp. 413-418, 2023

Arikunto S, “Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Bafadhal, F, “Sosialisasi Stop Bullying (Perundungan) Di Sma/Smk Muhammadiyah Singkut

Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun”. Jurnal Gramaswara, Vol. 1, No. 2, pp. 40-47, 2021.

Rahman, A. F. S., Sriwahyuni, W., Hakim, A. R., Azhar, F., Cahyani, M. O., Elyunandri, H. P., Prayitno, T., Latif, A, Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Negeri 020 Balikpapan Utara. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, Vol. 3, No. 2, pp. 8-14, 2020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-27

Cara Mengutip

Basith, A., Mariana, D., Kamaruddin, K., Suwanto, I., Fitriyadi, S., Desy, D., Almawati, S., & Mawazid, Z. (2025). Sosialisasi Dampak Perilaku Bullying Pada Siswa SMPS 1 PGRI Sungai Raya Kepulauan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(3), 585-604. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3573