Pelatihan Ecoprint Berkelanjutan dalam Rangka Menumbuhkan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3559Kata Kunci:
Ecoprint, Ekonomi Kreatif, Pewarna Alami, Keberlanjutan, InovasiAbstrak
Pelatihan ecoprint berkelanjutan dalam rangka menumbuhkembangkan ekonomi kreatif di Kabupaten Bandung bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam teknik ecoprint berbasis pewarnaan alami. Pelatihan ini melibatkan peserta dari berbagai kalangan, terutama pelaku usaha kecil dan generasi muda, guna memperkenalkan metode produksi yang ramah lingkungan serta meningkatkan daya saing produk ecoprint di pasar. Pelatihan ini mencakup pemberian materi tentang sejarah, teknik dasar, hingga strategi pemasaran produk ecoprint. Evaluasi pelatihan dilakukan melalui kuesioner kepuasan peserta, wawancara mendalam, dan penilaian langsung terhadap hasil karya peserta setelah pelatihan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa 85% peserta mengalami peningkatan keterampilan signifikan serta memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai pemasaran produk ecoprint. Selain itu, 70% peserta berhasil memproduksi dan memasarkan produknya dalam tiga bulan setelah pelatihan. Namun, beberapa tantangan seperti keterbatasan bahan baku dan pemahaman awal peserta tetap menjadi hambatan yang perlu ditangani. Sebagai tindak lanjut, pendampingan berkelanjutan dan dukungan dari pemerintah, akademisi, serta sektor swasta diperlukan untuk memperkuat ekosistem usaha ecoprint di Kabupaten Bandung.
Unduhan
Referensi
S. Hendrayanti, W. Fauziyanti, and E. Puji Estuti, “Pelatihan Teknik Ecoprint Sebagai Alternatif Peluang Usaha,” J. Abdimas Ekon. dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 53–62, 2023, doi: 10.31294/abdiekbis.v3i2.2873.
A. Amalia, W. Hidayat, and A. Budiatmo, “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada UKM Batik,” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 282–294, 2012.
N. Safitri, P. D. Khairunnisa, P. P. Saragih, T. S. Zulkarnain, and N. Anas, “Pengelolaan Dan Pelatihan Ecoprint Berbasis Potensi Lokal Desa Bah Sarimah Kecamatan Silau Kahean Kabupaten Simalungun,” MARTABE J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 6, pp. 2165–2175, 2022.
A. Purnomo, “Pemanfaatan Produk Ecoprint Berbasis Daun Dan Bunga Di Desa Kelawi Kabupaten Lampung Selatan,” J. Pengabdi. UMKM, vol. 3, no. 1, pp. 54–61, 2024, doi: 10.36448/jpu.v3i1.58.
K. Puguh, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN MODERN PADA BATIK BURNEH Puguh Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura,” pp. 217–225, 2020.
Suyadi, Syahdanur, and S. Suryani, “Analisis pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Bengkalis Riau,” J. Ekon., vol. 29, no. 1, pp. 1–10, 2018.
N. Hermanto and D. K. S. Swastika, “Penguatan Kelompok Tani: Langkah Awal Peningkatan Kesejahteraan Petani,” Anal. Kebijak. Pertan., vol. 9, no. 4, p. 371, 2016, doi: 10.21082/akp.v9n4.2011.371-390.
Sony Hendra Permana, “Strategy of Enhancement UMKM INdonesia,” 2017.
I. N. Rahmadani and K. Cirebon, “MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI KAMPUNG BATIK SEBAGAI KLASTER USAHA KECIL MENENGAH,” vol. 8, no. 1, pp. 232–241, 2018.
S. Ading, “Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Berbasis Inovasi untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. Akuntansi), vol. 4, no. 2, pp. 397–407, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/504
Aulia Aziz Yudha et al., “Pelatihan Ecoprint Untuk Mengembangkan Kreativitas Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Najah Corresponding Author,” J. Pengabdi. Masy. Bangsa, vol. 2, no. 1, pp. 48–56, 2024, [Online]. Available: https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/index
S. Tuhuteru et al., “J . A . I?: Jurnal Abdimas Indonesia,” Abdimas Indones., vol. 1, no. 2, pp. 26–32, 2021, [Online]. Available: https://dmi-journals.org/jai/article/view/226
F. Faridatun, “Ecoprint?; Cetak Motif Alam Ramah Lingkungan,” J. Prakarsa Paedagog., vol. 5, no. 1, 2022, doi: 10.24176/jpp.v5i1.9002.