Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Teknologi Produksi Kue Seupet (Egg Roll) di Desa Cot Preh Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3497Kata Kunci:
Alat Pemanggang Kue Seupet, Pemasaran Digital, Pengelolaan KeuanganAbstrak
Ibu rumah tangga di Desa Cot Preh, Aceh Besar, masih menggunakan metode manual dalam produksi kue seupet, sehingga kapasitas produksi rendah. Selain itu, pemasaran produk belum optimal karena masih terbatas pada penjualan langsung tanpa pemanfaatan media digital. Untuk mengatasi permasalahan ini, program pemberdayaan dilakukan melalui pelatihan teknologi produksi dan strategi pemasaran digital. Kegiatan ini berlangsung selama tiga bulan dan melibatkan 20 peserta. Program dilaksanakan dalam tiga tahapan: (1) pelatihan teknologi produksi dengan penggunaan alat modern untuk meningkatkan efisiensi; (2) pelatihan pemasaran digital melalui media sosial dan e-commerce; serta (3) pendampingan intensif dalam manajemen usaha dan keuangan sederhana. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kapasitas produksi dan jangkauan pemasaran sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil menunjukkan peningkatan produksi dari 2 kg menjadi 10 kg per minggu serta perluasan pasar melalui platform digital. Peserta juga mengalami peningkatan pemahaman dalam manajemen usaha, yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan keberlanjutan bisnis. Ke depan, pendampingan lanjutan dalam pemasaran digital dan pengelolaan keuangan tetap diperlukan untuk memastikan usaha ini berkembang secara mandiri dan berdaya saing.
Unduhan
Referensi
Lili Kasmini and Inge Mulyani, “Analisis Kandungan, Penamaan, dan Makna Dari Makanan Tradisional Aceh,” Jurnal Metamorfosa, vol. 11, no. 2, pp. 145–161, 2023.
C. R. Varlitya, Vivi Silvia, Fitri Eryanda, Alfi Rahmadi, and Latifah Rahayu Siregar, “Pemberdayaan Perempuan Melalui Peluang Wirausaha Kudapan Tradisional Aceh,” vol. 2, no. 1, pp. 53–57, 2024.
R. O. Rini, E. Amalia, M. Afriani, and G. Adiguna, “Analisa SWOT Produk Kuliner Oleh-oleh Khas Batam ‘Kue Semprong Kampung Resipi,’” Tourism Scientific Journal, vol. 9, no. 1, pp. 40–54, Dec. 2023, doi: 10.32659/tsj. v9i1.302.
A. S. Ningsih et al., “(2024) 119 Strategi Pemasaran Kue Semprong Hanura,” vol. 3, no. 1.
Marlina, R. Sari, and R. Dewi, “Inovasi Kemasan Sebagai Daya Tarik Produk Aneka Kue Khas Aceh Pada UMKM Usaha Kue Bungong Jaroe,” Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, vol. 4, no. 1, pp. 19–21, 2020.
K. Karfinto and N. A. Anugrahati, “Karakteristik Fisik, Kimia, dan Sensori Kue Semprong yang Disubstitusi dengan Tepung Beras Merah Pecah Kulit dan Sosoh,” Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, vol. 15, no. 1, p. 34, 2022.
E. Setiawati and S. Rozinah, “Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan,” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 231–240, 2020.
E. Setiawati, S. Salamah, and S. Sukadari, “Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Pemanfaatan Bahan Pangan Lokal bagi Anggota PKK di Ngestiharjo Kabupaten Bantul,” Jurnal Pengabdian UNDIKMA, vol. 4, no. 3, p. 555, Aug. 2023.
T. Huwaidah, F. Manajemen Rafangesti Suli Anggalefi Garnis Dwi Ranika, F. Manajemen Laudya Eka Bramestia, and F. Manajemen Titis Tatasari, “PERAN KEWIRAUSAHAAN PEREMPUAN BERBASIS KULINER DALAM PENCIPTAAN LAPANGAN KERJA LOKAL STIE MAHARDHIKA SURABAYA,” Social Sciences Journal (SSJ), vol. 2, no. 4, pp. 100–116, 2024.
N. Kholis, S. Mulyo Bondan Respati, S. Prasetyo, and E. Sarwono, “PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS PRODUKSI KUE TRADISIONAL PADA UMKM DI DESA METESEH,” Jurnal Abdi Masya, vol. 5, no. 2, pp. 157–165, 2024.
K. I. Gunawan and Mataji, “PEMBERDAYAAN PRODUKSI DAN PENGELOLAAN KEUANGAN USAHA MIKRO KUE TRADISIONAL “LARIS “DI MENUR PUMPUNGAN KOTA SURABAYA,” ABDI MASSA, 2023.
A. S. Ningsih, H. Al Rasyid, E. G. Fadhallah, and ..., “Strategi Pemasaran Kue Semprong Hanura (Studi Kasus Di Umkm Kue Semprong Hanura Desa Hanura Pesawaran),” Jurnal Agroindustri …, vol. 3, no. 1, pp. 119–133, 2024.
G. Srihidayati, “PERANCANGAN LOGO DAN DESAIN KEMASAN KERIPIK PISANG TANDUK ARJUNA DI KOTA PALOPO Logo and Packaging Design of Arjuna Horn Banana Chips in Palopo City,” Jurnal Pertanian Berkelanjutan, vol. 11, no. 1, 2023.
D. Nur et al., “Perancangan Kemasan Sebagai Identitas dan Promosi pada UMKM Kue Jajanan Tradisional Khas Kemayoran Jakarta,” vol. 8, no. 1, pp. 2019–2031, 2024.