Sosialisasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Mathla’ul Anwar
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.28Kata Kunci:
kewirausahaan, minat, motivasiAbstrak
Kegiatan kewirausahaan merupakan kegiatan yang menjadi salah satu solusi untuk memperoleh penghasilan. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah MA Mathla’ul Anwar Bandar Lampung. Salah satu permasalahan mitra adalah sebagian besar siswa berasal dari keluarga yang kurang mampu, sehingga terkadang mengalami kendala dalam hal keuangan. Oleh karena itu perlu memberikan motivasi dan pemahaman mengenai berwirausaha kepada siswa di sekolah ini, sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian mereka. Metode pelaksanaan pengabdian ini secara garis besar menggunakan konsep sosialisasi yang dilaksanakan selama satu hari dengan dua sesi. Pada sesi pertama, tim pelaksana pengabdian memperkenalkan konsep berwirausaha kepada para peserta, meliputi perencanaan usaha dan berbagai jenis peluang usaha. Pada sesi kedua, diberikan materi dan simulasi mengenai pengelolaan keuangan untuk usaha kecil. Peserta kegiatan terdiri dari 20 siswa mengingat saat ini masih menerapkan pembatasan keramaian dan menjaga jarak. Kegiatan evaluasi dilakukan untuk menilai efektifitas pelatihan dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk berwirausaha. Kegiatan evaluasi juga digunakan untuk menilai keberhasilan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Alat ukurnya adalah kuisioner yang telah diisi peserta siswa. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan peningkatan minat siswa untuk berwirausaha, setelah diberikan materi dan motivasi mengenai kewirausahaan.
Unduhan
Referensi
E. Suwarni, “Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan Dan Kesejahteraan,” in Prosiding Seminar Nasional Riset Inovatif, 2014, vol. 2, p. 107, [Online]. Available: https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/560.
E. Suwarni, K. Sedyastuti, and A. H. Mirza, “Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro pada Era Ekonomi Digital,” Ikraith Ekon., vol. 2, no. 2, pp. 29–34, 2019, [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/issue/view/24.
F. Fatimah, “The Innovation of MSME Culinary Marketing Strategy,” Indones. J. Law Econ. Rev., vol. 7, 2020, doi: 10.21070/ijler.2020.v7.464.
B. N. Kelara and E. Suwarni, “Peran Informasi Akuntansi Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Kinerja Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah,” J. Ris. Ekon. dan Bisnis, vol. 13, no. 1, pp. 45–53, 2020, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v13i1.2062.
E. Suwarni and M. A. Handayani, “Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas,” MBIA, vol. 19, no. 3, pp. 320–330, 2020, doi: https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1177.
T. D. R. Sari and D. Sukmasari, “Does Organizational Learning and Innovation Influence Performance?,” J. Behav. Econ. Financ. Entrep. Account. Transp., vol. 6, no. 1, pp. 22–25, 2018, [Online]. Available: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10303.
I. Ahmad, P. Prasteyawan, and T. D. R. Sari, “Penerapan Algoritma Rekomendasi Pada Aplikasi Rumah Madu Untuk Perhitungan Akuntansi Sederhana Dan Marketing Digital,” in Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 2019, pp. 38–45, [Online]. Available: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/1746.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.