Peran Mahasiswa KKN dalam Program KAS-RPPA: Pendampingan Pendidikan di Kecamatan Lakarsantri Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2787Kata Kunci:
KAS-RPPA, KKN, Ngaji Bareng, Pendidikan, Sinau BarengAbstrak
Penelitian ini menggali peran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam program KAS-RPPA (Kampunge Arek Suroboyo-Ramah Perempuan dan Peduli Anak) dengan fokus pendampingan pendidikan di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. KAS-RPPA, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan standar pendidikan lokal, memanfaatkan keterlibatan mahasiswa KKN untuk membantu memperbaiki berbagai tantangan pendidikan. Abstrak ini mengulas dampak keterlibatan Mahasiswa KKN Kelompok 07 dalam pendampingan pendidikan yang dilaksanakan di Kecamatan Lakarsantri, dengan merancang dan melaksanakan program kerja berupa pendampingan pendidikan yang terdiri dari Sinau Bareng di RW 03 Kelurahan Bangkingan serta Ngaji Bareng yang dilaksanakan di RW 01 Kelurahan Sumur Welut. Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kemauan belajar akademik maupun non-akademik anak-anak di wilayah tersebut.
Unduhan
Referensi
I. Chudzaifah, A. N. Hikmah, and A. Pramudiani, “Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban,” AL-KHIDMAH, vol. 1, no. 1, pp. 1–103, 2021, doi: https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v1i1.384.
S. Syardiansah, “PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017,” JIM UPB J. Ilm. Manaj. Univ. Putera Batam, vol. 7, no. 1, pp. 57–68, Jan. 2019, doi: 10.33884/jimupb.v7i1.915.
V. N. Alifa, “Analisis Faktor Penyebab Meningkatnya Angka Putus Sekolah di Indonesia pada Tahun 2022,” J. Pendidik. Sultan Agung, vol. 3, no. 2, p. 175, Jun. 2023, doi: 10.30659/jp-sa.3.2.175-182.
A. Syaifudin et al., “Gerakan Literasi Masyarakat?: Penguatan Literasi Untuk Membangun Masyarakat Literat,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 3, no. 6, pp. 773–778, Dec. 2023, doi: 10.52436/1.jpmi.1751.
D. Pristiwanti, B. Badariah, S. Hidayat, and R. S. Dewi, “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2022. [Online]. Available: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498
Tumin and A. D. Makrufi, “PEMBERDAYAAN DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT PAGEJUGAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN PENDIDIKAN.” E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022. [Online]. Available: https://doi.org/10.47492/eamal.v2i3.2003
S. Anti, F. Solikah, and S. Mardiyah, “PROGRAM PENGEMBANGAN IDE UMKM WAROENG KOPI SINGGAH,” -Sidanah J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 1–12, Jun. 2021, doi: 10.35316/assidanah.v3i1.1100.
I. Ibrahim et al., “INTERNALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM PEMBELAJARAN HOLISTIC DI SEKOLAH KELURAHAN TANAH BERU,” Pangulu Abdi J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 83–96, Nov. 2021, doi: 10.24252/pangabdi.v1i2.26304.
A. Afandi et al., “Metodologi Pengabdian Masyarakat.pdf.” Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022.
M. Selviana, I. R. Syahputra, A. Mawaddah, M. R. Fachri, and S. Ramadhan, “Tanggung Jawab Negara Dalam Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Menurut Undang-Undang 1945,” Mediat. J. Law, pp. 44–51, Jul. 2024, doi: 10.51178/mjol.v3i2.2004.
C. Y. D. Siswanto, “Sinau Bareng: Model Peningkatan Minat Akademik di Putat Gede, Surabaya.” Journal of Human And Education, 2024. [Online]. Available: https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/963.