Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar

Penulis

  • Prihantini Prihantini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Tyara Tyara Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dinila Dinila Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Puspitasari Puspitasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Khairunnisa Khairunnisa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.27

Kata Kunci:

lokakarya, media pembelajaran interaktif, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan

Abstrak

Terjadinya pandemi covid-19 berdampak pembelajaran di sekolah tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka dan harus melalui pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ-daring).  Pelaksanaan PJJ-daring juga ditempuh oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Teladan, namun demikian hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru-guru diperoleh informasi bahwa sekolah selama melaksanakan PJJ-Daring belum menggunakan media pembelajaran interaktif. Permasalahan ini disebabkan guru-guru belum terlatih membuat dan menggunakan media pembelajaran interaktif, hal ini menunjukkan bahwa guru-guru SDIT Insan Teladan membutuhkan fasilitasi bimbingan teknis pembuatan dan penggunaan media pembelajaran interaktif. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan oleh sekolah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif adalah dalam PJJ-daring, peserta didik  tidak selalu didampingi oleh orang tua karena sebagian besar orang tua peserta didik adalah karyawan atau karyawati. Berdasarkan permasalahan tersebut maka Tim Pengabdian termotivasi melaksanakan lokakarya pembuatan dan penggunaan media pembelajaran interaktif yang mudah dan praktis bagi guru-guru SDIT Insan Teladan  untuk dapat dimanfaatkan dalam PJJ-daring. Tujuan lokakarya adalah untuk melatih guru-guru membuat dan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mudah diterapkan untuk PJJ-daring. Metode pelaksanaan kegiatan ditempuh melalui tahap observasi dan wawancara, rapat koordinasi dan needs assessment, lokakarya, dan follow up. Hasil dari kegiatan lokakarya,  nilai pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan perolehan rata-rata nilai, yakni rata-rata nilai pretest 54,74 dan postest mencapai 75,71. Hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui lokakarya pengembangan media pembelajaran interaktif, guru-guru SDIT Insan Teladan mampu mengembangkan media pembelajaran interaktif dalam bentuk powerpoint interaktif, lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif, dan video animasi powtoon

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Carolyn, M. 2013. “Memahami perkembangan anak.” Penerjemah : Agnes Theodora W.

Penyunting : Tim Indeks. PN Jakarta: Indeks.

Sanaky,H. 2013. “Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif.” Yogyakarta:Kaukaba

Dipantara. h.3 [3] S. Aljawarneh, M. Aldwairi, and M. B. Yassein, “Anomaly-based

intrusion detection system through feature selection analysis and building hybrid

efficient model,” J. Comput. Sci., vol. 25, no. 1, pp. 152–160, 2018, doi:

1016/j.jocs.2017.03.006.

Eusman. Kurniawan, D. dan Riyana, C. 2015. @Pembelajaran Berbasis Teknologi

Informasi dan Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press. h.170.

Rusman. 2015. “Pembelajaran Berbasis Teknologi & Informasi.” Jakarta: Raja Grafindo

Persada. h.60.

Ramansyah (2016). “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Tema

Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Edutic/

Vol.3, No.1, November 2016. p-ISSN 2407-4489 e-ISSN2528-7303.

Purwanti, dkk. Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh

pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal of Biology Education Vol 3 No 2 (2020) halaman

E-ISSN 2656-3436/ P-ISSN 2615-3947 IAIN KUDUS. Tersedia online:

http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe.

Yuliansyah. 2018. Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi Dalam

Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar. Jurnal Efisiensi – Kajian Ilmu Administrasi

Edisi Agustus 2018, Vol. XV No. 2, ISSN 1412-1131, e-ISSN 2528-5750, h.24-32.

https://media.neliti.com/media/publications/299755-efektivitas-media-pembelajaranpowerpoin-

af8a2382.pdf.

Ponza, Jampel, Sudarma (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran

Peserta didik Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan

Ganesha.Vol. 6 No. (1) h. 9-19

Wuryanti, U. dan Kartowagiran, B. https: //media. neliti.com/ media/ publications/

-ID- pengembangan- media-video- animasi- untuk- pdfhttps://

media.neliti.com/media/publications/123228-ID-pengembangan-media-video-animasiuntuk-

m.pdf.

Hasibuan, M.SP. 2014. “Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah.” Jakarta: PT Bumi

Aksara. h.85.

Gibson, R. dan Miichell, M. 2010. “Bimbingan dan Konseling.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

h. 567.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-10

Cara Mengutip

Prihantini, P., Tyara, T., Dinila, D., Puspitasari, P., & Khairunnisa, K. (2021). Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 121-126. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.27