Implementasi Peningkatan Minat Literasi Anak Usia Dini Melalui Program Pojok Literasi : Studi Kasus SPS TAAM Arrafi’i Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1666Kata Kunci:
anak, literasi, pengabdian masyarakatAbstrak
Pengabdian masyarakat ini berfokus pada program pojok literasi yaitu merupakan kegiatan bimbingan belajar mengajar, sekaligus menyediakan media belajar literasi. sebagai upaya untuk meningkatkan minat literasi pada anak usia dini, khususnya anak-anak yang bersekolah di SPS TAAM Arrafi’i. Hal ini dilakukan karena masih kurangnya minat literasi pada anak usia dini serta kurangnya fasilitas media buku juga mainan edukasi di SPS TAAM Arrafi’i. Metode pengabdian ini menggunakan kualitatif dengan cara fun literasi yang terdiri dari membaca, menulis, dan berhitung. Dengan adanya fun literasi ini membuat anak-anak dapat menikmati proses pembelajaran tanpa merasa kesulitan dan jenuh serta dengan diberikan fasilitas berupa media literasi seperti buku bacaan dan mainan edukasi yang mengasah motorik serta kefokusan pada anak di sekolah tersebut. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program ini dapat memberikan pemahaman mengenai literasi dan bertambahnya fasilitas yang memadai untuk kegiatan literasi di SPS TAAM Arrafi’i Pengabdian ini penting dilakukan untuk menumbuhkan motivasi dan antusiasme pada anak-anak juga staf pengajar untuk selalu gemar berliterasi.
Unduhan
Referensi
A. I. Fikri, “Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital,” Temat. J. Pemikir. dan Penelit. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, 2020, doi:10.26858/tematik.v6i2.15550.
M. Oktafiana, “Kuliah Kerja Nyata (KKN) Membina Budaya Semangat Literasi sejak Usia Dini di Desa Kunden, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo,” J. Pengabdi. Al-Ikhlas, vol. 8, 2023.
B. A. Nugroho, “Menumbuhkan Minat Literasi Anak sejak Dini Melalui Pojok Literasi di PAUD Khairul Ummah,” Ruhui Rahayu J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, 2022.
M. Afnida, “Literasi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi Dan Praktik Guru Di Prasekolah Aceh,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, 2020, doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480.
S. R. Dewi, “Membangun Budaya Literasi sejak Dini untuk Mewujudkan Insan yang Kompeten dan Unggul,” JPMI J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 2, 2022, doi: https://doi.org/10.52436/1.jpmi.890.
S. Kasiyun, “Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa,” OJS Open J. Syst., vol. 1, 2015, doi: https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95.
A. Nafisah, “Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat,” Libr. J. Perpust., vol. 2, 2014, doi: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v2i2.1248.
J. R. Widayati, “Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, 2021, doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692.
Sugianto, “Mewujudkan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Pada Usia Dini,” JPMI J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 2, 2023, doi: https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1121.
A. Asif, “Menumbuhkan Budaya Literasi di Kalangan Pelajar,” Publ. Ilm. Univ. Muhammadiyah Surakarta, 2017, [Online]. Available: http://hdl.handle.net/11617/8951.