Pelatihan Menulis Esai Bagi Guru-Guru Amal Usaha Muhammadiyah di Kecamatan Gatak

Penulis

  • Sri Lestari Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Gandes Nawangsari Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1281

Kata Kunci:

esai, guru, pelatihan

Abstrak

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan penting yang seharusnya dimiliki oleh para guru agar dapat mengembangkan diri secara oprtimal. Namun realitas menunjukkan bahwa para guru Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo masih perlu ditingkatkan keterampilan menulisnya. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan bekal keterampilan  untuk menulis esai bagi guru-guru AUM. Acara ini menghadirkan pelatih yang kompeten dalam penulisan esai. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pembekalan dan langsung diikuti dengan praktik menulis esai. Pembekalan berupa penyampaian materi yang mengenalkan tulisan esai, struktur tulisan esai, dan langkah-langkah untuk menulis esai. Selanjutnya peserta mendapatkan penugasan untuk menulis esai, yang dikumpulkan sepekan kemudian. Hasil karya berupa tulisan esai dinilai dan dipilih karya- karya terbaik untuk diberikan apresiasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

J. Y. Damanik, “Peer feedback to improve Indonesian adult learners’ writing skills: A literature review,” vol. 8, no. 1, pp. 49–58, 2022.

J. Castle, “Benefits of freewriting for academic staff engaged in writing retreat,” South African J. High. Educ., vol. 31, no. 2, pp. 124–137, 2017, doi: 10.20853/31-2-1341.

M. Heriyudanta, “Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia,” Ascarya J. Islam. Sci. Cult. Soc. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 47–55, 2021, doi: 10.53754/iscs.v1i1.5.

A. A. Ogegbo and A. Aina, “Early childhood development teachers’ perceptions on the use of technology in teaching young children,” South African J. Child. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.4102/sajce.v10i1.880.

E. Khuzaemah and L. Herawati, “Pembelajaran menulis esai menggunakan model cooperative integrated reading and composition (Circ) berbasis life skills,” Indones. Lang. Educ. Lit., vol. 2, no. 2, p. 148, 2017, doi: 10.24235/ileal.v2i2.1360.

J.-H. Chen, “Freewriting can offset the EFL students’ snxiety of writing in English,” J. Adv. Educ. Philos., vol. 03, no. 12, pp. 445–450, 2019, doi: 10.36348/jaep.2019.v03i12.004.

A. Schleicher, “PISA 2018: Insights and interpretations,” 2019. [Online]. Available: https://www.oecd.org/pisa/PISA2018InsightsandInterpretationsFINALPDF.pdf.

A. J. Simatupang, “The writing skills benefits of increased student’s reading comprehension: A case study at Universitas Kristen Indonesia,” J. English Teach., vol. 3, no. 3, pp. 177–187, 2017.

E. Oktoma, “Strategi menulis yang digunakan oleh mahasiswa dalam esai argumentatif,” J. Uniku, vol. 12, pp. 39–52, 2018, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/article/view/1520/1105.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-05

Cara Mengutip

Lestari, S., & Nawangsari, G. . (2023). Pelatihan Menulis Esai Bagi Guru-Guru Amal Usaha Muhammadiyah di Kecamatan Gatak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(4), 491-495. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1281