Pelatihan Penggunaan Media Daring sebagai Alternatif Pembelajaran Era Pandemi

Penulis

  • Yusrizal Yusrizal STKIP AMAL BAKTI, Indonesia
  • Fatmawati Fatmawati STKIP AMAL BAKTI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.65

Kata Kunci:

media pembelajaran daring, pembelajaran era pandemi

Abstrak

Tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan kepada guru dalam menggunakan media daring sebagai alternatif pembelajaran di era pandemi covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode daring dan metode luring. Metode daring digunakan dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting. Sedangkan metode luring digunakan untuk kegiatan evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga kali pertemuan dengan materi yaitu pelatihan menggunakan google form, pelatihan menggunakan aplikasi zoom dan google meet serta pelatihan menggunakan video pembelajaran. Adapun peserta kegiatan ini terdiri dari guru sekolah dasar yang ada di bawah yayasan PAB Sumatera Utara. Berdasarkan analisis hasil kegiatan maka dapat disimpulkan bahwa setelah kegiatan dilaksanakan terjadinya peningkatan pemahaman guru dalam menggunakan dan mengaplikasikan media daring dalam pembelajaran. Peningkatan tersebut terlihat dari meningkatnya: 1) kemampuan menggunakan google form sebagai media untuk absen hadir serta membuat soal berbasis online; 2) kemampuan menggunakan zoom dan google meet sebagai fasilitas pembelajaran; dan 3) kemampuan membuat video pembelajaran menggunakan filmora dan kinemaster.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Dwiyansaputra, I. G. P. S. Wijaya, F. Bimantoro, G. S. Nugraha, and A. Aranta, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Untuk Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 10 Cakranegara,” J. Begawe Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 62–69, 2021

Y. Yusrizal, B. S. Lubis, F. Fatmawati, and D. Muzdalifah, “Pengaruh Metode Visit Home dan Pola Bimbingan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era Pandemi Covid-19,” J. Temat., vol. 10, no. 3, pp. 129–135, 2020.

C. Sohrabi et al., “World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19),” Int. J. Surg., vol. 76, no. February, pp. 71–76, 2020.

S. Y. Ariadhy, S. Nurohman, D. Arkum, W. Handini, and F. Ferdiana, “Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid-19,” Ariadhy, Shulby Yozar Nurohman, Sabar Arkum, Darol Handini, Widya Ferdiana, vol. 1, no. 3, p. 220, 2020,

R. Pertiwi and S. Sutama, “Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa dalam Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 350–365, 2020.

A. G. Prawiyogi, A. Purwanugraha, G. Fakhry, and M. Firmansyah, “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta,” J. Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 01, pp. 94–101, 2020.

R. Pakpahan and Y. Fitriani, “Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19,” JISAMAR (Journal Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Researh), vol. 4, no. 2, pp. 30–36, 2020.

Zulfikar, “Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Pranata Edu, vol. 2, no. 1, pp. 33–39, 2020.

A. M. Basar, “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri-Cikarang Barat-Bekasi),” Edunesia J. Ilm. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 208–218, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-11

Cara Mengutip

Yusrizal, Y., & Fatmawati, F. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Daring sebagai Alternatif Pembelajaran Era Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 297-301. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.65