Edukasi Burung Cekakak Biru-Putih (Todiramphus diops) Kepada Anak Usia Dini Menggunakan Metode Story Telling di Kelurahan Kastela

Penulis

  • Fadila Tamnge Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Khairun Ternate, Indonesia
  • Andy Kurniawan Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Khairun Ternate, Indonesia
  • Zulkarnain Riswan Umanahu Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan, Universitas Khairun Ternate, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.971

Kata Kunci:

Burung cekakak, Edukasi, Kastela, Story Telling

Abstrak

Pemberdayaan Masyarakat adalah proses pembangunan dimana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Kegiatan sosialisasi dan edukasi “Mengenal lebih dekat cekakak biru-putih (T.diops), burung endemik Maluku Utara” ini diselenggarakan di Kelurahan Kastela yang bertujuan untuk mengedukasi anak-anak usia dini tentang satwa liar endemik Maluku Utara yang ada di sekitar lingkungan mereka. Kegiatan dilaksanakan melalui dua tahapan yaitu tahap sosialisasi dan literasi pantai Kastela. Kegiatan sosialisasi merupakan kegiatan penyampaian materi seputar fakta ekologis, status penyebaran, status konservasi, dan peran penting burung cekakak di alam menggunakan metode story telling. Sementara itu literasi pantai Kastela merupakan kegiatan bebas yaitu membaca dan bermain bersama mitra. Hasil kegiatan PKM menunjukkan bahwa anak-anak usia dini yang terlibat sangat antusias dengan kegiatan yang ditawarkan. Beberapa dampak positif yang ditunjukan oleh mitra adalah perkembangan imajinasi dan daya pikir anak saat proses diskusi berlangsung serta ketertarikan anak-anak pada buku bacaan yang ditawarkan oleh tim PKM.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Pemerintah Kota Ternate. "Profil Kota Ternate-PU-net," 2016. http://perkotaan.bpiw.pu.go.id (diakses pada 1 Desember 2022).

B.J. Coates, K.D. Bishop, Panduan Lapang Burung-Burung di Kawasan Wallacea. BirdLife International-Indonesia.

A.T. Salsabila, D.Y. Astuti, R. Hafidah, N.E. Nurjanah, dan Jumiatmoko, "Pengaruh Story Telling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini," Jurnal pendidikan Anak., vol.10, no. 2, pp.164-171, 2021, doi: https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747

S.F. Fitroh dan E.D.N. Sari, "Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini," Jurnal PG-PAUD Trunojoyo., vol. 2, no. 2, pp.76-149, 2015, doi: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i2.2606.

C.S. Sendari, I. Indriani, A.A Riyanto, dan D. Jumiatin, "Permainan Kancing Untuk Peningkatan Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Anak Usia Dini," CERIA., vol. 1, no. 5, pp. 23-32, 2019.

Y.E. Prasetyo, "From Story Telling to Social Change: The Power of Story in The Community Building," Community Development in Academy., vol 3, pp. 1-11, 2017.

L. Michael, Teaching Your Children. Person Education.

Khadijah, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Moelichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta.

D. Arindi, "Implementasi Story Telling Dalam Membentuk Karakter Religious AUD 5-6 Tahun Di TK IT Bunayya 7 Al Hijrah," Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2020.

R. Novianti dan M. Garzia, "Penggunaan Gadget Pada Anak: Tantangan Baru Orang Tua Milenial," Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 1000-1010, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v4i2.490.

A. Irhandayaningsih, "Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini," ANUVA, vol. 3, no. 2, pp. 109-118, 2019, doi: 10.14710/anuva.3.2.109-118.

F. Tamnge, F.L Baguna dan M. Tamrin, "Edutainment: Pengenalan Hutan dan Lingkungan Hidup pada Anak Usia Dini menggunakan Alat Permainan Edukasi di Dusun Bangko Kecamatan Jailolo Timur," Selaparang: jurnal pengabdian masyarakat berkemajuan, vol. 6, no. 2, pp. 655-60 doi: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.7958.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-08

Cara Mengutip

Tamnge, F., Kurniawan, A. ., & Umanahu, Z. R. . (2023). Edukasi Burung Cekakak Biru-Putih (Todiramphus diops) Kepada Anak Usia Dini Menggunakan Metode Story Telling di Kelurahan Kastela. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 145-150. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.971