Sosialisasi Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga dengan Menggunakan Maggot BSF

Penulis

  • Rika Putri Program Studi Magister Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Indonesia
  • Mega Rianes Program Studi Magister Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Indonesia
  • Zulkarnaini Program Studi Magister Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.926

Kata Kunci:

Biokonversi, Maggot BSF, Sampah organik rumah tangga

Abstrak

Sampah merupakan salah satu persoalan yang serius bagi negara berkembang termasuk Indonesia. Kota padang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat yang merupakan pusat pariwisata dan juga perdagangan dan kegiatan lainnya. Aktivitas tersebut dapat menimbulkan potensi timbulan sampah yang tinggi.  Sampah tersebut apabila tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan persoalan lingkungan. Selama ini pengelolaan sampah dikota padang belum dilakukan secara maksimal terutama sampah organik yang hanya dibuang begitu saja. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurangi timbulan sampah organik rumah tangga dan mewujudkan lingkungan yang bersih. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut adalah  dengan proses pengolahan sampah organik menggunakan teknologi biokonversi menggunakan maggot BSF. Maggot adalah larva dari lalat Black Soldier Fly (BSF). Pengolahan sampah menggunakan maggot BSF dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat karena memiliki nilai jual. Maggot BSF telah diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat dijadikan untuk pakan ternak. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di RT 3/RW 11 Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara. Metode penyampaian sosialisasi yaitu dengan sistem ceramah dan komunikasi dua arah dengan peserta dan juga dilakukan praktek pengolahan sampah dengan maggot BSF secara langsung. Hasil kegiatan tersebut peserta sosialisasi telah mampu mengetahui dan memahami dengan baik cara pengolahan sampah menggunakan maggot BSF.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

BPS Kota Padang, “Kota Padang Dalam Angka 2020,” 2020.

SIPSN, “Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional,” Kementrian lingkungan hidup, 2021. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/.

N. Azkha, “Analisis timbulan, komposisi dan karakteristik sampah di Kota Padang,” J. Kesehat. Masy., pp. 14–18, 2006.

A. Mabruroh, N. Praswati, H. K. Sina, and D. M. Pangaribowo, “Pengolahan Sampah Organik melalui Budidaya Maggot BSF Organic,” vol. 3, no. 1, pp. 34–37, 2022.

H. ?i?ková, G. L. Newton, R. C. Lacy, and M. Kozánek, “The use of fly larvae for organic waste treatment,” Waste Manag., vol. 35, pp. 68–80, 2015.

S. Sumiati et al., “Penggunaan maggot (Hermetiaillucens) dalam pakan ayam ras petelur,” J. Sains Teknol. Lingkung., vol. 8, no. 1, pp. 87–96, 2022.

R. U. A. Fauzi and E. R. N. Sari, “Business analysis of maggot cultivation as a catfish feed alternative,” Ind. J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 7, no. 1, pp. 39–46, 2018.

P. E. Kusumawati, Y. S. Dewi, and R. Sunaryanto, “Pemanfaatan larva black soldier fly (Hermetia Illucens) untuk pembuatan pupuk kompos padat dan pupuk kompos cair” J. Hama Dan Penyakit Tumbuh., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2018

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-08

Cara Mengutip

Putri, R., Rianes, M. ., & Zulkarnaini, Z. (2023). Sosialisasi Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga dengan Menggunakan Maggot BSF. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 89-94. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.926