Pembuatan Peta Digital Informasi Warisan Budaya Indonesia sebagai Aplikasi Kurikulum MBKM

Penulis

  • Eko Nursanty Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang
  • Djoko Darmawan Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang
  • M. Fahd Diyar Husni

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.518

Kata Kunci:

Arsitektur Tradisional, MBKM

Abstrak

Kurikulum MBKM adalah wujud baru dalam Pendidikan Indonesia yang diharapkan mampu memberikan warna baru didalam memunculkan keunikan dan otentisitas dari keberagaman Indonesia. Peluang yang ada didalam IKU 3 berupa dosen berkegiatan di luar kampus diharapkan mampu menunjang keunikan pembelajaran yang diharapkan pada IKU 7 yaitu kelas yang kolaboratif dan partisipatif. Prodi Arsitektur adalah Pendidikan yang yang menghasilakn lulusan dengan kemampuan seseorang dalam menciptakan wadah kehidupan manusia berupa ruang dan tempat baik di dalam maupun di luar bangunan, dalam wujud fisik maupun non fisik yang berada pada sebuah lingkungan yang berkelanjutan. Indonesia memiliki 1.239 warisan budaya tak benda yang memberikan peluang bagi para arsitek untuk mewujudkan karya-karya bermuatan lokal dalam kerja profesinya. Metode pengabdian ini dilakukan dengan cara menyiapkan informasi dan meyusun gambaran secara utuh dalam bentuk peta digital pada 12 program studi Arsitektur penerima Hibah Penyusunan Kurikulum MBKM dari Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia sejak tahun 2020 hingga saat ini. Informasi yang dikumpulkan adalah gambaran jumlah dosen yang berprofesi sebagai arsitek dan upaya penciptaan kelas kolaboratif dan partisipatif yang telah dilakukan. Peta yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu memberikan manfaat guna mendukung pelaksanaan kurikulum MBKM di Prodi Arsitektur manapun di wilayah Indonesia bahkan yang belum mendapatkan kesempatan hibah MBKM.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

K. Khaeruddin, F. Arwadi, and A. F. Majid, “Meningkatkan Pemahaman Dosen terkait Rekognisi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” 2021.

R. Puspitasari and R. Nugroho, “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA FISIP UPN VETERAN JAWA TIMUR,” Din. Gov. J. Ilmu Adm. Negara, vol. 11, no. 2, 2021.

S. Fatimah, “REVITALISASI SILABUS DAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER SESUAI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI,” in Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, 2021, pp. 11–16.

H. Harriss and L. Widder, Architecture live projects: Pedagogy into practice. Routledge, 2014.

R. Jones, K. Morgan, and K. Harris, “Developing coaching pedagogy: Seeking a better integration of theory and practice,” Sport Educ. Soc., vol. 17, no. 3, pp. 313–329, 2012.

T. Harpawati, J. Rianto, D. Nurmani, S. Harti, C. Nugroho, and A. Wicaksono, “Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar–Kampus Merdeka: Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi S-1 Seni Pedalangan dalam Mempersiapkan Lulusan Tangguh di Era 4.0,” 2020.

W. R Wisnu Prio Pamungkas and S. Muhammad Syarif Hartawan, “Pemanfaatan Teknologi Informasi di Masa Pandemi Covid 19-Pemanfaatan Metode Agile Scrum dengan tools Quire dalam menyusun Kurikulum MBKM di masa Covid-19,” 2021.

K. Hatton, Social pedagogy in the UK: Theory and practice. Russell House Publishing Ltd, 2013.

M. A. El-Latif, K. S. Al-Hagla, and A. Hasan, “Overview on the criticism process in architecture pedagogy,” Alex. Eng. J., vol. 59, no. 2, pp. 753–762, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Nursanty, E., Darmawan, D., & Husni, M. F. D. . (2022). Pembuatan Peta Digital Informasi Warisan Budaya Indonesia sebagai Aplikasi Kurikulum MBKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 275-285. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.518