Pelatihan Pembuatan Kemasan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Umkm di Desa Margamulya, Pasirjambu-Ciwidey

Penulis

  • Vany Octaviany Program Studi D3 Perhotelan, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom, Indonesia
  • Tito Raharjo Program Studi D3 Perhotelan, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom, Indonesia
  • Filipi Revaldi Lumban Tobing Program Studi D3 Perhotelan, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom, Indonesia
  • Farida Yustitia Sastha Program Studi D3 Perhotelan, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2331

Kata Kunci:

kemasan produk, makanan dan minuman, pemasaran, UMKM

Abstrak

Tingginya potensi dan nilai ekonomi produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Margamulya, belum diiringi dengan tingkat kemenarikan kemasan produk UMKM tersebut. Padahal kemasan memiliki peran yang sangat penting bagi usaha UMKM dalam beberapa aspek. Kemasan produk yang tidak menarik dapat merugikan pemasaran suatu produk. Kemasan yang tidak menarik cenderung gagal menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, dibutuhkan kegiatan pelatihan pembuatan kemasan untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM di Desa Margamulya yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kemasan produk yang baik, kreatif, dan inovatif. Kegiatan ini juga memberikan bekal keterampilan bagi pelaku UMKM dalam pembuatan kemasan produk makanan dan minuman yang mereka jual. Kemasan produk yang menarik memiliki dampak yang signifikan terhadap strategi pemasaran suatu produk. Kemasan yang menarik dapat menciptakan daya tarik visual yang kuat. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan 93,3% peserta mengalami peningkatan pengetahuan tentang kemasan produk. Peserta juga mendapatan keterampilan dalam pembuatan logo dan desain kemasan yang menarik dan inovatif. Selain itu, peserta selaku pelaku UMKM mendapatkan hasil kemasan baru yang lebih menarik untuk produk yang mereka jual.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

C. Spence, Multisensory Packaging Design: Color, Shape, Texture, Sound, and Smell. Elsevier Ltd, 2016.

Y. Erlyana, “Pengaruh Desain Kemasan Produk Lokal Terhadap Minat Beli Menggunakan Model View: Studi Kasus Keripik Maicih,” Pros. Semin. Nas. Desain dan Arsit., vol. 2, pp. 302–308, 2019, [Online]. Available: https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/203.

Y. Suprapti, “Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk,” Lppmunindra sosio e-kons, vol. 1, no. 1, p. 10, 2018.

P. Moutaftsi Ms and P. Kyratsis Dr, “Visual Brand Identity of Food Products: A Customer’s Perspective,” J. Appl. Packag. Res., vol. 8, no. 3, p. 1, 2016.

M. Mashadi and A. Munawar, “Pendampingan Pengembangan Kemasan Produk Bagi UMKM Kota Bogor,” J. Abdimas Dedik. Kesatuan, vol. 2, no. 1, pp. 115–120, 2021, doi: 10.37641/jadkes.v2i1.1402.

N. Sigi Prameswari, M. Suharto, and W. Esty, “STRATEGI BRANDING MELALUI INOVASI DESAIN KEMASAN BAGI HOME INDUSTRY SABUN CAIR,” J. Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 03, no. 02, pp. 35–54, 2018.

J. W. Han, L. Ruiz-Garcia, J. P. Qian, and X. T. Yang, “Food Packaging: A Comprehensive Review and Future Trends,” Compr. Rev. Food Sci. Food Saf., vol. 17, no. 4, pp. 860–877, 2018, doi: 10.1111/1541-4337.12343.

A. Widiati, “Peranan Kemasan Dalam Meningkakan Pemasaran Umkm Di Mas Pack Terminal Kemasan Pontianak,” J. Audit dan Akunt. Fak. Ekon. dan Bisnis Univ. Tanjungpura, vol. 8, no. 2, pp. 67–76, 2019.

A. D. Putri, B. Permatasari, and E. Suwarni, “Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 4, no. 1, pp. 119–123, 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-03

Cara Mengutip

Octaviany, V., Raharjo, T., Tobing, F. R. L., & Sastha, F. Y. . (2024). Pelatihan Pembuatan Kemasan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Umkm di Desa Margamulya, Pasirjambu-Ciwidey. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(3), 407-414. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2331