Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas di Desa Gugul Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1070Kata Kunci:
Globalisasi, Inovasi, UMKMAbstrak
Globalisasi telah menciptakan sebuah era perdagangan bebas yang menghadirkan berbagai tantangan yang dapat mengancam eksistensi bagi para pelaku UMKM. Tantangan yang akan dihadapi berupa kegiatan ekonomi yang bergantung terhadap persaingan global yang bebas terbuka sehingga hanya pelaku bisnis yang kuat yang akan bertahan. Globalisasi juga telah menyebabkan dunia ekonomi mengalami pergesaran paradigma menjadi ekonomi berbasis pengetahuan dan kreativitas. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan peningkatan daya saing UMKM di Desa Gugul berbasis inovasi sebagai jawaban atas dampak yang dihadirkan oleh globalisasi. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode survei. Berdasarkan hasil survei, para pelaku UMKM yang ada di Desa Gugul masih belum siap untuk menghadapi tantangan yang dihadirkan oleh Globalisasi. Maka dari itu, KKN Universitas Madura Kelompok 3 mengupayakan peningkatan daya saing UMKM berbasis inovasi dan kreativitas berupa pembuatan NIB dan melakukan inovasi terhadap produk melalui upgrading kemasan dan penambahan varian rasa balado terhadap produk. Untuk mewujudkan hal tersebut kegiatan pengabdian ini menggunakan metode yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Adapun hasil dari kegiatan ini mampu memberikan perubahan terhadap produk UMKM di Desa Gugul Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan berupa produk siap untuk di jual di supermarket karena sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) serta produk dikemas dengan kemasan yang lebih menarik serta produk di sajikan dalam berbagai macam aneka rasa.
Unduhan
Referensi
B. H. Rainanto, "Analisis Permasalahan Yang Dihadapi Oleh Pelaku Usaha Mikro Agar Berkembang Menjadi Usaha Kecil (Scalling Up) Pada Umkm Di 14 Kecamatan Di Kabupaten Bogor," vol. 7, no. 1, pp. 20–210, 2019.
Hisnul, P. B. Setiadi, S. Rahayu, "UMKM Dimasa Pandemi Covid 19 Berdampak Pada Teknology Dan Digitalisasi Pada Pusat Oleh Oleh Rahma Di Desa Kendalrejo," Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 11, No. 1, pp. 49–58, Juli 2022.
J. Howkins, "The Creative Economy: How People Make Money From Ideas (Ii)," Penguin, 2013.
A. Yunita, A. Y. Sari, and S. Wahyuni, "Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Pia Warung Glenmore Banyuwangi ( Product Innovations In Raising Consumer Buying Interest In Pia Warung Glenmore Banyuwangi)," Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa, 6, 2013.
C. Kojo, H. Mirah D. C. L. Rogi, "Pkm Pengembangan Inovasi Produk Makanan Dan Minuman Yang Dijual Di Seputaran Kampus Unsrat Bahu," vol. 4, no. 2, pp. 68–76, 2018.
V. R. Pattipeilohy, "Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Usaha Nasi Kuning Di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon)", Jurnal Maneksi, vol. 7, no. 1, pp. 66–73, 2018. Https://Doi.Org/10.31959/Jm.V7i1.78.
N. Selim, and C. Kohardinata, "Pengaruh Persepsi Nilai Dan Kemasan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Babi," Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, vol. 5, no. 3, pp. 252–261, 2020. Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V5i3.1776.
A. Ramadhina, and M. Mugiono, "Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen," Jurnal Manajemen Pemasaran Dan…, vol. 1, no. 1, pp. 59–67, 2022.
Y. Sugiarto, W. Utari, and C. S. Hartati, "Analisis Inovasi Produk Terhadap Harga Jual Garam Pada Pt Garsindo Anugerah Sejahtera Gresik," Jurnal Mitra Manajemen, vol. 5, no. 3, pp. 148–160, 2021. https://doi.org/10.52160/ejmm.v5i3.515.
A. A. Asmoro, and R. Indrarini, "Hubungan Inovasi Produk Makanan Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Gresik," Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, vol. 4, no. 1, pp. 55–64, 2021. Https://Doi.Org/10.26740/Jekobi.V4n1.P55-64.