Pelatihan Konselor Kreator untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Digital

Penulis

  • Riskiyana Prihatiningsih Departemen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang
  • Irene Maya Simon Departemen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang
  • Arbin Janu Setyowati Departemen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang
  • Rizka Apriani Departemen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.951

Kata Kunci:

Konselor Kreator, Layanan BK, Media BK

Abstrak

Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) dengan media tentunya membutuhkan penggunaan dan pemanfaatan teknologi sehingga proses layanan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Peningkatan kualitas layanan berbasis digital yang menarik dan dekat dengan tren yang diikuti oleh siswa. Menjadi konselor kreator, membutuhkan sebuah usaha dan pelatihan untuk mampu membuat layanan yang dekat dengan siswa dan menarik bagi siswa. Pelatihan konselor kreator untuk meningkatkan kualitas layanan BK berbasis digital merupakan upaya penyelesaian masalah yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian ini dengan memberikan kegiatan pelatihan kepada MGBK SMA Kota Malang. Pelatihan dilakukan secara berkala dengan kombinasi pertemuan daring dan luring dan intensive coaching melatih konselor menjadi konselor creator. Secara kesuluruhan berdasarkan hasil angket evaluasi yang diisikan oleh 8 orang dari 15 peserta pelatihan menyatakan bahwa pelatihan sangat menyenangkan dengan presentase 55,6% sangat menyenangkan dan 44,4% menyenangkan, dengan fasilitator yang cukup jelas dalam menyampaikan materi dengan metode yang tepat dengan presentase 55,6% sangat jelas dan 44,4% jelas. Sehingga konselor dapat mengembangan konten layanan BK berbasis digital berupa skenario konten layanan, video, dan microblog. Selanjutnya peserta pelatihan menyatakan bahwa pelatihan ini sangat memberikan manfaat dalam membantu konselor dalam mengembangkan media layanan BK.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Pawicara and M. Conilie, “Analisis pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di tengah pandemi Covid-19,” ALVEOLI J. Pendidik. Biol., vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2020.

D. Rinawati and E. K. Darisman, “Survei tingkat kejenuhan siswa SMK belajar di rumah pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan selama masa pandemi covid-19,” J. Sci. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 32–40, 2020.

E. Christiana, “Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19,” in Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 2020, pp. 8–15.

W. S. Kusuma and P. Sutapa, “Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial emosional anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1635–1643, 2020.

R. P. Sari, N. B. Tusyantari, and M. Suswandari, “Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama covid-19,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2021.

S. Iglesias-Pradas, Á. Hernández-García, J. Chaparro-Peláez, and J. L. Prieto, “Emergency remote teaching and students’ academic performance in higher education during the COVID-19 pandemic: A case study,” Comput. Human Behav., vol. 119, p. 106713, 2021.

S. Rasul, Q. Bukhsh, and S. Batool, “A study to analyze the effectiveness of audio visual aids in teaching learning process at uvniversity level,” Procedia-Social Behav. Sci., vol. 28, pp. 78–81, 2011.

C. Evans, “T witter for teaching: Can social media be used to enhance the process of learning?,” Br. J. Educ. Technol., vol. 45, no. 5, pp. 902–915, 2014.

A. K. P. Nasution, “INTEGRASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN GENERASI Z,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., 2020, doi: 10.24036/tip.v13i1.277.

A. S. H. Basri, “Urgensi Penggunaan Teknologi Media dalam Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah,” Al-Isyraq J. Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, vol. 1, no. 1, pp. 83–107, 2018.

D. Rakhmawati, “Konselor sekolah abad 21: tantangan dan peluang,” J. Konseling GUSJIGANG, vol. 3, no. 1, 2017.

D. Capuzzi and D. R. Gross, Introduction to the Counseling Profession (Eighth Edition). Cognella, Incorporated, 2018.

L. A. Carlson, T. A. A. Portman, and J. R. Bartlett, “Professional school counselors’ approaches to technology,” Prof. Sch. Couns., pp. 252–256, 2006.

H. Prasetiawan and S. Alhadi, “Pemanfaatan media bimbingan dan konseling di sekolah menengah kejuruan muhammadiyah se-kota Yogyakarta,” J. Kaji. Bimbing. dan Konseling, vol. 3, no. 2, pp. 87–98, 2018.

V. D. Cahyaningrum, D. M. Handarini, and I. M. Simon, “Pengembangan panduan pelatihan empati menggunakan teknik sinema edukasi untuk mencegah perilaku bullying siswa sekolah menengah pertama,” J. Kaji. Bimbing. dan Konseling, vol. 3, no. 3, pp. 139–145, 2018.

P. G. Erick Suryadi, K. Agustini, and N. Sugihartini, “Pengaruh E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 7, no. 3, p. 302, 2019, doi: 10.23887/janapati.v7i3.13433.

M. I. Bakhtiar, “Pengembangan video ice breaking sebagai media bimbingan konseling dalam meningkatkan keterampilan sosial,” J. Psikol. Pendidik. dan Konseling J. Kaji. Psikol. Pendidik. dan Bimbing. Konseling, 2015.

A. F. Zakaria, “Media Layanan Informasi Karir Sekolah Lanjutan Bagi Siswa (Melankolis) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Memilih Studi Lanjut Setelah SMP,” J. Innov. Couns. Theory, Pract. Res., vol. 2, no. 02, pp. 32–43, 2018.

ASCA, “The ASCA National Model: A Framework for School Counseling Programs,” Prof. Sch. Couns., 2003, doi: 10.2307/42732424.

Y. N. (Muhammadiyah U. M. Susanto, Eko, “Technology Guidance and Counselling: Implementation Theory in Practice, Development and Experience,” Proceeding Int. Semin. Work. Guid. Couns. ISBN 978-602-72729-0-3, p. 400, 2014, [Online]. Available: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED561371.pdf.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-12

Cara Mengutip

Prihatiningsih, R., Simon, I. M. ., Janu Setyowati, A., & Apriani, R. . (2023). Pelatihan Konselor Kreator untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Digital . Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 205-211. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.951