Penerapan Pemasaran Digital Pada Pengrajin Berbahan Pelepah Alami Desa Murtigading Yogyakarta

Penulis

  • Ahmad Ikhwan Setiawan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Amina Sukma Dewi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Budhi Haryanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Djoko Purwanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Dwi Hastjarja Kustijana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.947

Kata Kunci:

Akses konsumen, business canvas model, media sosial

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu mempromosikan produk dari pengrajin produk rumah tangga berbahan serat alami di desa Murtigading Yogyakarta. Melalui proses identifikasi masalah dengan model business canvas ditemukan permasalahan utama yang dihadapi pengrajin yaitu sulitnya membuka akses langsung pada konsumen. Oleh karena itu pengrajin diberikan berbagai pelatihan untuk mampu mempromosikan produk dan mengakses pembeli dengan penerapan pemasaran digital melalui penggunaan media sosial (facebook dan instagram) dan perancangan website bisnis. Pelatihan tersebut mendorong mereka mampu mempromosikan produk kerajinan tidak hanya kepada pembeli lokal, namun juga menarik pembeli nasional. Melalui pemasaran digital, bahkan mereka dapat memperluas jangkauan untuk mempromosikan produknya sampai ke manca negara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

L. Azizah, "Business Model Canvas?: Contoh, Pengertian, Elemen, Tips", 2022. https://www.gramedia.com/best-seller/business-model-canvas/

Kembang, L. P. M. Mahmud, and L Delsi. "Pengaruh Sosial Media Pemasaran Terhadap," Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, vol. 9, no. 1, pp. 1–9, 2021. https://ojs.ekonomi-unkris.ac.id/index.php/JMBK/article/view/524

Matakaca, "7+ Kerajinan dari Bahan Serat Alam Menghasilkan Uang," 2020. https://matakaca.com/kerajinan-dari-bahan-serat-alam/

K. Murtigading, Koperasi Kerajinan Murtigading Yogjakarta, 2021.

L. Nilawanti, "26 Jenis Bahan Serat Alam Terlengkap Beserta Contohnya," 2021. https://www.gramedia.com/best-seller/jenis-bahan-serat-alam/

A. Nugroho, "8+ Manfaat Memiliki Website Bagi Pelaku UKM", 2021. https://bikin.website/blog/manfaat-website-bagi-ukm/

A. I. Setiawan, A. P. Hendraningsih, S. Rahayu, and A. S. Dewi, "The role of digital marketing interventions in e-advocacy leverage capacity: a culinary business breakthrough to counter the covid-19 pandemic," Journal of Indonesian Economy and Business, vol. 37, no. 2, pp. 201–216, 2022. https://doi.org/10.22146/jieb.v37i2.3995

Tetri, Workshop “Bikin Web Bisnis Sampai Tayang”, Hadirkan Tiga Pakar. Humas FEB, 2022. https://feb.uns.ac.id/feb/workshop-bikin-web-bisnis-sampai-tayang-hadirkan-tiga-pakar/.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-15

Cara Mengutip

Setiawan, A. I., Dewi, A. S. ., Haryanto, B., Purwanto, D. ., & Kustijana, D. H. . (2023). Penerapan Pemasaran Digital Pada Pengrajin Berbahan Pelepah Alami Desa Murtigading Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 321-327. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.947