Pelatihan Multiliterasi Untuk Meningkatkan Motivasi Minat Baca Siswa SDN 2 Tugumulya

Penulis

  • Figiati Indra Dewi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Sun Suntini Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Ida Hamidah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.938

Kata Kunci:

Minat Baca, Motivasi Minat Baca, Multiliterasi

Abstrak

Minat baca menjadi hal mendasar yang perlu dimiliki setiap individu untuk membuka gerbang pengetahuan. Unesco menyebutkan bahwa Indonesia menduduki urutan yang cukup terbawah soal literasi di dunia. Kemudian PISA (Program for International Student Assesment) menyatakan untuk kategori membaca, Indonesia berada pada peringkat 72 dari 77 negara. Hal ini diperparah dengan Covid-19 yang mengakibatkan kemunduran minat baca siswa karena aktivitas baca tidak dapat dikontrol langsung oleh guru seperti yang terjadi di SDN 2 Tugumulya Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Untuk menuntaskan permasalahan tersebut, telah dilakukan penyuluhan penerapan multiliterasi untuk meningkatkan motivasi minat baca siswa SDN 2 Tugumulya dengan metode penyuluhan dengan hasil cukup memuaskan. Pengabdian ini dinilai penting dilakukan karena dari hasil yang diperoleh, para guru memiliki cara dan pendekatan yang menarik dalam meningkatkan motivasi minat baca siswa. Setelah diberikan stimulus berupa tantangan menjawab soal dengan bentuk permainan, siwa mulai antusias untuk membaca guna menemukan informasi untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Z. Fahmy, A. P. Y. Utomo, Y. E. Nugroho, A. T. Maharani, N. I. Liana, N. A. Alfatimi, T. Wuryani and R. G. Kesuma, "Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Sastra Indonesia, vol. 10, no. 2, pp. 121-126, 2021.

S. Masruroh, Suhartiningsih, D. A. Puspitaningrum, H. Satrijono and R. Alfarisi, "Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V di SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi," Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, vol. 9, no. 2, pp. 220-228, June 2022.

Sustainable Development Goals Indonesia, "Sustainable Development Goals," 2017. [Online]. Available: https://www.sdg2030indonesia.org/page/12-tujuan-empat. (Accessed 23 November 2022).

A. Oktarilla and A. , "Kontribusi Minat Baca Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang," Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 8, no. 3, pp. 8-14, 2019.

A. Mumpuni and R. U. Nurbaeti, "Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD," Djiwa Cendekia, vol. 3, no. 2, pp. 123-132, 2019.

R. "Model Pembelajaran Multiliterasi Pada Pembelajaran Membaca Pemahaman di Kelas IV Sekolah Dasar," Diglosia, vol. 3, no. 2, pp. 149-154, 2019.

F. Dafit, "Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 87-100, 2017.

K. and A. W. Wilsa, "Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar," Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5968-5975, 2021.

A. K. Dewi, "Pengembangan Kompetensi Multiliterasi Desain Berbasis Pada Penerapan Tradisi Komunikasi Era Indonesia 4.0," Jurnal Desain Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 1-6, 2019.

Y. Abidin, Pembelajaran Multiliterasi, Bandung: Refika Aditama, 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-08

Cara Mengutip

Indra Dewi, F., Suntini, S., & Hamidah, I. (2023). Pelatihan Multiliterasi Untuk Meningkatkan Motivasi Minat Baca Siswa SDN 2 Tugumulya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 127-132. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.938