Pemasaran Wedang Uwuh Handayaningrat Desa Dukuh dengan Search Engine Optimization

Penulis

  • Muhlasah Novitasari Mara Program Studi Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang
  • Budi Basuki Subagio Program Studi Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang
  • Sarono Widodo Program Studi Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang
  • Dewi Anggraeni Program Studi Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang
  • Efrilia Marifatul Khusna Program Studi Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.915

Kata Kunci:

SEO, Digital Marketing, E-Marketing, Wedang Uwuh, UMKM

Abstrak

Mitra dari kegiatan pengabdian masyarakat pada tulisan ini adalah UMKM Asmantogo Handayaningrat yang berlokasi di Desa Dukuh, Kabupaten Boyolali. Produksi utama UMKM Asmantogo Handayaningrat adalah minuman tradisional jawa, wedang uwuh.   Permasalahan fundamental UMKM Asmantogo Handayaningrat adalah pemasaran yang digunakan masih menggunakan cara konvensional dan belum memanfaatkan pemasaran digital sehingga target pembeli hanya menjangkau lingkungan sekitar Boyolali saja. Untuk memperluas pangsa pasar wedang uwuh UMKM Asmantogo Handayaningrat dilakukan pengembangan keterampilan pemasaran duta digital desa Dukuh serta pelaku usaha UMKM Asmantogo Handayaningrat melalui pendampingan pemasaran dengan Search Engine Optimization.  Adapun media yang digunakan adalah Google dan YouTube. Untuk mendukung pemasaran digital tersebut, tim juga diberikan pendampingan foto produk wedang uwuh UMKM Asmantogo Handayaningrat. Dari pendampingan yang telah dilakukan, satu orang perwakilan UMKM dan satu orang duta digital telah mampu membuat foto produk dengan baik meski hanya menggunakan gadget seadanya, mampu membuat deskripsi produk untuk YouTube dengan baik dan mampu mengoptimisasi video YouTube yang di upload di halaman google sehingga video YouTube muncul dihalam pertama di search engine google.

 

 



Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Nine Fridayani. (2020, Agustus 26). Apa Itu Wedang Uwuh? Minuman Sampah yang Menyehatkan [Berita Online]. Available: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/26/090700575/apa-itu-wedang-uwuh-minuman-sampah-yang-menyehatkan?page=all.

Andy Prasetya Wati, Jefry Aulia Marta, Aniek Indrawati, Digital Marketing, Edisi 1. Malang: Edultera, 2020.

Chaffey, Dave, Richard Mayer, Kevin Johnston dan Fiona Ellis-Chadwick, Internet Marketing: Strategy, Implementattion and Practice, London: Pearson Education. 2015

Redaksi OCBC NISP. (2021, September 6). Apa Itu Digital Marketing? Ini Kelebihan, Jenis, & Contohnya [Berita Online]. Available: https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/09/06/digital-marketing-adalah

Shally U Ramadhania, Kinanti R Hayati, Supriyono, Sugito, “Upaya Peningkatan Angka Penjualan di Kelurahan Rungkut MAnunggal melalui Program Pendampingan Digital Marketing UMKM Pengrajin Kain Batik,” Jurnal Pengabdia Masyarakat Indonesia, vol 2, no 5, hap 531-536, 2022.

Sohail. A, “Search Engine Optimization Methods & Search Engine Indexing for CMS Applications,” M.S. thesis, Lappeenranta University of Technology. 2012.

Febry Eka Purwiantono, “Metode Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Ranking Webometrics Pada Web STIKI Malang,” Information system for educator and professionals, vol. 3, no. 2, 2019.

Laudia Tysara. (2021, Mei 08). 8 Macam-Macam Search Engine di Dunia yang Populer, Pahami Perbedaannya [Berita Online]. Available: https://hot.liputan6.com/read/4553431/8-macam-macam-search-engine-di-dunia-yang-populer-pahami-perbedaannya.

Redaksi Similiarweb. (2022, September). Top Website Rangking [Online]. Available: https://www.similarweb.com/top-websites/

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-12

Cara Mengutip

Mara, M. N., Subagio, B. B. ., Widodo, S. ., Anggraeni, D. ., & Khusna, E. M. . (2023). Pemasaran Wedang Uwuh Handayaningrat Desa Dukuh dengan Search Engine Optimization . Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 165-173. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.915