Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Bagi Guru PAUD di Kecamatan Tandun

Penulis

  • Raihana Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Najmi Hayati Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Alucyana Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Yuliana Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Eva Sartika Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.899

Kata Kunci:

Artikel Ilmiah, Guru PAUD, Pelatihan, Penulisan

Abstrak

Selain mengajar Guru PAUD dituntut untuk bisa menulis artikel ilmiah, karena guru diharuskan meningkatkan keilmuannya, dengan menulis artikel ilmiah guru secara tidak langsung mengeluarkan ide-ide dan pemikirannya melalui penalaran logis. Tuntutan bagi guru tersebut didasari oleh Permenpan-RB Nomor 16 Tahun 2009, bahwa seorang guru dituntut untuk membuat penulisan karya ilmiah khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Selain untuk pengembangan karir atau jabatan fungsional, dapat juga untuk meningkatkan keilmuannya. Namun, keharusan tersebut terkendala oleh kemampuan para guru PAUD diantara permasalahan prioritas yang dihadapi mitra yaitu guru-guru PAUD di Kecamatan Tandun adalah sebagai berikut: (1) Kurangnya pengetahuan guru PAUD tentang penulisan artikel ilmiah (2) Kurangnya pengetahuan guru PAUD tentang tahapan dan teknik penulisan artikel ilmiah yang baik dan benar, (3) Ketidaktahuan guru PAUD dalam membuat artikel ilmiah untuk jurnal dan mempublikasikan artikel ilmiah. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah dan praktik dengan rincian: a. Memberikan pengetahuan dan informasi mengenai penulisan dan penyusunan karya tulis ilmiah bagi guru PAUD di Kecamatan Tandun, dan b. Pengaplikasian penyusunan karya tulis ilmiah dengan pendampingan oleh tim PKM. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru-guru TK merasakan manfaat yang luar biasa dari pelaksanaan PKM ini karena dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan mereka dalam pembuatan artikel ilmiah dari penelitian tindakan kelas untuk publikasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Munasir, B. Jatmiko, Dwikoranto and H. A. Rasid, "Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar SeUPTD Pendidikan Kecamatan Sawahan Kab. Nganjuk, Jawa Timur.," Jurnal ABDI, vol. 5, no. 2, pp. 119-125, 2020.

A. A. L. Suyono, Cerdas Menulis Karya Ilmiah, Malang: Gunung Samudera , 2015

A. Alber and H. Hermaliza, "An Error Analysis of Semantic Level in Roau Newspaper Articles.," Kata: Penelitian Tentang Ilmu Bahasa Dan Sastra, , vol. 5, no. 2, p. 253–269, 2021.

W. Jatmiko, H. B. Santoso, S. C. Purbarani, A. R. Sulistyo, D. M. J. Purnomo, D. Firmansyah, M. Yusuf, Q. A. M. O. A. MOA and N. A. Laili, Paduan Penulisan Artikel Ilmiah, Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015.

J. Musfah, Tips Menulis Karya Ilmiah., Jakarta: Prenadamedia Group , 2016.

H. K. M. a. R. N. Fitria, "Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas.," Abdimas, Unwahas, vol. 4, no. 1, pp. 14-25, 2019.

E. Mulyasa, Penelitian Tindakan Kelas., Bandung: PT Remaja Rosdakarya., 2010.

U. Rosyidi, Sertifikasi Guru dalam Jabatan 2013, Pedoman Peserta PLPG (Buku 1), Jakarta, 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-08

Cara Mengutip

Raihana, R., Hayati, N., Alucyana, A., Yuliana, Y., & Sartika, E. . (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Bagi Guru PAUD di Kecamatan Tandun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 31-37. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.899