Pelatihan Wirausaha Generasi Z Terutama Siswa/I SMA St. Agnes Untuk Mengembangkan Potensi Entrepreneur Muda Melalui Zoom

Penulis

  • Santho Vlennery Mettan Program Studi Kewirausahaan, Fakultas Kewirausahaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Yan Christianto Setiawan Program Studi Kewirausahaan, Fakultas Kewirausahaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.778

Kata Kunci:

Karakter, Mental, Entrepreneur

Abstrak

Program yang diciptakan atau di buat oleh tingkatan Pendidikan di sekolah-sekolah SMA, khususnya SMA St. Agnes untuk menciptakan para entrepreneur muda yang paham akan kewirausahaan dan memiliki karakter dan mental seorang entrepreneur. Selanjutnya permasalahan yang muncul dari terciptanya program ini yaitu kurangnya staff pengajar yang terlatih atau yang paham dan mampu untuk melaksanakan Pendidikan kewirausahaan, khususnya di Sekolah SMA St. Agnes. Permasalahan inilah yang bisa memberikan peluang bagi perguruan tinggi untuk membantu memberikan aksi nyata untuk membantu mengembangkan para generasi muda dalam membangun dan menciptakan karakter dan mental seorang entrepreneur, serta membantu untuk memberikan pemahaman yang lebih detail dan nyata mengenai kewirausahaan melalui pengabdian kepada masyarakat. Sebagai bentuk kerjasama tersebut maka Dosen Fakultas Kewirausahaan Unika Widya Mandala Surabaya akan mengadakan pendampingan dan pemberian pelatihan bagi para siswa-siswi SMA St. Agnes Surabaya, juga sekaligus bagi tenaga pengajar yang akan mendampingi para siswa-siswi SMA St. Agnes Surabaya. Pelatihan dan pendampingan ini akan dilakukan sebanyak 14 kali pertemuan selama 7 bulan pembelajaran. Setiap bulannya akan diadakan 2 kali pelatihan yang diadakan pada setiap akhir minggu dari bulan tersebut. Hasil dari Pengabdian ini dimana para siswa-siswi ini akan memiliki tambahan wawasan baru dalam mencari ide untuk menciptakan sebuah bisnis yang dapat diliat dari berbagai macam aspek, seperti aspek local wisdom, aspek pemasaranan, dan aspek konsumen. Selain itu juga, siswa-siswi SMAK St. Agnes juga sudah dibekali dengan pengetahuan untuk melakukan kuesioner yang akan digunakan untuk analisis pasar dalam memahami konsumen dari ide bisnis yang akan dijalankan oleh siswa-siswi SMAK St. Agnes.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Jayani, Dwi H, (2021), Sensus Penduduk 2020: Penduduk Indonesia Didominasi Gen Z dan Milenial, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/22/sensus-penduduk-2020-penduduk-indonesia-didominasi-gen-z-dan-milenial, Akses tanggal 29 Agustus 2021

Rakhmah, Diyan N, (2021), Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita,https://pskp.kemdikbud.go.id/front_2021/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita, Akses tanggal 29 Agustus 2021

“Kampus Merdeka untuk Akselerasi Entrepreneurship dan Pemulihan Ekonomi”, https://www.kemdikbud.go.id/, {Akses tanggal 29 Agustus 2021}

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-12

Cara Mengutip

Mettan, S. V., & Setiawan, Y. C. . (2023). Pelatihan Wirausaha Generasi Z Terutama Siswa/I SMA St. Agnes Untuk Mengembangkan Potensi Entrepreneur Muda Melalui Zoom. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 151-157. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.778