Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Business Model Canvas untuk Siswa SMAN 4 Surabaya

Penulis

  • Yoppy Mirza Maulana Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Dinamika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.771

Kata Kunci:

Business Model Canvas, Fiksi 2022, Student Centre Learning

Abstrak

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2022 merupakan ajang pencarian talenta muda wirausaha yang kreatif memiliki ide, aspirasi, dan gagasan yang dapat diwujudkan. FIKSI 2022 diharapkan dapat menghilirisasi dan memutakhirkan ide/gagasan para siswa, juga guru pendampingnya, dalam menginisiasi model dan rencana bisnis yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masa kini dan mendatang. Fiksi 2022 dipandang oleh Universitas Dinamika ini merupakan peluang bagi SMA/MA untuk mengikuti ajang tersebut, sehingga dibutuhkkan program-program pelatihan. Melalui pengabdian masyarakat inilah dilakukan kerjasama dengan pihak SMAN 4 Surabaya. Berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa pengetahuan siswa SMAN 4 masih kurang dalam pengetahuan terkait dengan model dan rencana bisnis. Dari hasil identifikasi solusinya adalah dilakukan pelatihan dan pendampingan dengan materi Business Model Canvas (BMC) bagi siswa SMAN 4 Surabaya dapat melakukan penyusunan model dan rencana bisnis. Model yang digunakan dalam pelatihan dan pendampingan ini model student centre learining dengan metode ceramah, brainstorming dan diskusi. Berdasarkan hasil feedback dari peserta tentang pelatihan dan pendampingan BMC ini, rata-rata persentase nilai baik dan sangat baik adalah 79% dan 21% nilainya cukup.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. D. Tangguh, Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia. Jakarta: Pusat Prestasi Nasional, 2022.

A. Ardian and S. Munadi, “Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning Dan Kemampuan Spasial,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. Volume 22, pp. 454–466, 2015, doi: 10.21831.

Y. Crotty, T. Kinney, and M. Farren, “Using the Business Model Canvas (BMC) strategy tool to support the Play4Guidance online entrepreneurial game,” Int. J. Transform. Res., vol. 4, no. 1, pp. 34–41, 2017, doi: 10.1515/ijtr-2017-0005.

D. Gumulya, “A Study on Business Model Canvas For Product Service System Business,” Int. Conf. Art, Des. Educ. Cult. Stud., vol. 2019, pp. 62–76, 2019.

E. Fielt, “Conceptualising Business Models: Definitions, Frameworks and Classifications ‘Business Sustainability with Cloud Capabilities’ View project,” vol. 1, no. 1, pp. 85–105, 2013, doi: https://doi.org/10.5278/ojs.jbm.v1i1.706.

A. Umar, A. H. Sasongko, G. Aguzman, and Sugiharto, “Business model canvas as a solution for competing strategy of small business in Indonesia,” Int. J. Entrep., vol. 22, no. 1, pp. 1–9, 2018.

T. P. Manajemen, Business model canvas penerapan di indonesia. Penerbit PPM, Indonesia, 2012.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Cara Mengutip

Maulana, Y. M. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Business Model Canvas untuk Siswa SMAN 4 Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 629-634. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.771
Abstrak viewed = 32 times