Pelatihan Pembuatan Ecobrick Untuk Pemuda Dukuh Sanan, Kelurahan Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul, Yogyakarta

Penulis

  • Firda Mahira Alfiata Chusna Program Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Rachma Tia Evitasari Program Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.763

Kata Kunci:

Ecobrick, Limbah Anorganik, Sampah Plastik

Abstrak

Sampah plastik merupakan permasalahan yang sangat sering ditemui oleh masyarakat Indonesia. Adanya penambahan jumlah sampah plastik dari tahun ke tahun menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan juga seluruh masyarakat Indonesia. Bahaya yang dapat ditimbulkan oleh sampah plastik menjadi salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan. Sampah plastik tidak bisa terurai oleh alam, bahkan membutuhuhkan waktu yang sangat lama hingga ratusan tahun. Dampak sampah plastik bagi kesehatan dan lingkungan sangatlah tidak baik, mirkoplastik yang tertelah oleh makhluk hidup seperti hewan laut dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius tidak hanya bagi hewan tetapi juga manusia. Ditambah lagi dengan efek kenaikan suhu yang diakibatkan oleh menumpuknya sampah plastik. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengurangi sampah plastik dan mengedukasi bahwa sampah plastik juga dapat dijadikan produk yang dapat bermanfaat dan memiliki nilai jual. Ecobrick menjadi salah satu solusi dalam mengolah sampah plastik menjadi produk bernilai ekonomi. Selain dapat mengurangi sampah plastik, ecobrick juga dapat meningkatkan nilai ekonomi dari sampah plastik. Peran pemuda dalam pengolahan sampah plastik menjadi ecobrick sangatlah penting, karna adanya sinergi dari masyarakat umut produktif dapat memberikan efek yang sangat positif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah edukasi, pelatihan dan praktek secara langsung. Dari hasil survey dapat disimpulkan bahwa sebanyak 85% peserta memiliki peningkatan pengetahuan mengenai penanganan sampah plastik menjadi ecobrick.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. A. Ayuningtyas, "PENERAPAN PRINSIP 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI RESTORAN CEPAT SAJI KFC YOGYAKARTA DALAM ERA GO-FOOD," Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta, 2019.

H. P. Putra, "Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif," Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, vol. 2, no. 1, pp. 21-31, 2010.

K. I. VOS and A. Priliantini, "Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram @GreenpeaceID)," Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol. 9, no. 1, pp. 40-51, 2020.

M. N. Roxanne, "Bumi di Bawah Tekanan: COVID-19 dan Polusi Plastik," Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, vol. 7, no. 1, pp. 45-55, 2020.

M. Fauzi, D. Efizon, E. Sumiarsih, W. R. I. Putra and B. Amin, "Pengenalan dan pemahaman bahaya pencemaran limbah plastik pada perairan di Kampung Sungai Kayu Ara Kabupaten Siak," in Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, Pekanbaru, 2019.

P. Purwaningrum, "UPAYA MENGURANGI TIMBULAN SAMPAH PLASTIK DI LINGKUNGAN," Indonesian Journal of Urban and Environmenal Technology, vol. 8, no. 2, pp. 141-147, 2016.

S. Suminto, "Ecobrick: solusi cerdas dan kreatif untuk mengatasi sampah plastik," Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk), vol. 3, no. 1, pp. 26-34, 2017.

N. Istiqomah, I. Mafruhah, E. Gravitiani, "Konsep Reduce, Reuse, Recycle dan Replace dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Desa Polanharjo Kabupaten Klaten," Jurnal SEMAR, vol. 8, no. 2, p. 30 – 38, 2019.

R. P. Mahyudin, "Kajian Permasalahan Pengelolaan Sampah dan Dampak Lingkungan di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir)," Jukung Jurnal Teknik Lingkungan, vol. 3, no. 1, pp. 66-74, 2017.

E. F. Fajrini, L. B. Elyasa and Q. Alfiana, "EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PENGOLAHAN SAMPAH BERBASIS 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) PADA SANTRI DI PESANTREN SABILUNNAJAT, CIAMIS," AS-SYIFA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 16-22, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Cara Mengutip

Alfiata Chusna, F. M., & Tia Evitasari, R. (2022). Pelatihan Pembuatan Ecobrick Untuk Pemuda Dukuh Sanan, Kelurahan Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 615-619. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.763
Abstrak viewed = 43 times