Strategi Pengembangan Pemasaran Online Produk Olahan Lidah Buaya Kelompok Tani Pelangi 43 melalui Whatsapp Business di Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta

Penulis

  • Agus Iman Radede Program Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang, Indonesia
  • Miftakhul Arifin Program Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang, Indonesia
  • Endah Puspitojati Program Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.760

Kata Kunci:

Olahan Lidah Buaya, Pemasaran Online, Strategi, SWOT

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pemasaran online produk olahan lidah buaya yang mengalami penurunan penjualan secara offline selama masa pandemi. Kajian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2022 sampai Juni 2022 yang berlokasi di Kelurahan Giwangan Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, kuesioner serta analisis data menggunakan analisis deskriptif SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity and Treath). Penentuan responden dilakukan dengan purposive sampling. Analisis strategi pengembangan pemasaran online produk olahan lidah buaya diperoleh faktor-faktor internal dan eksternal yang kemudian dibobotkan menggunakan metode paired comparison scale. Hasil analisis matriks IE, berada pada kuadran I, yaitu strategi pertumbuhan dan hasil analisis matrik SWOT didapatkan sepuluh alternatif strategi. Strategi yang diprioritaskan, yaitu dengan meningkatkan kegiatan pemasaran secara online melalui media WhatApps dan dengan memanfaatkan antusias masyarakat dan dukungan dari pemerintah, diharapkan produk olahan lidah buaya milik Kelompok Tani Pelangi 43 dapat dijangkau oleh semua kalangan, sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran. Hal inilah yang menjadi prioritas penting dalam strategi pengembangan pemasaran online produk olahan lidah buaya pada Kelompok Tani Pelangi 43 di Kelurahan Giwangan. Kegiatan penyuluhan tentang Pemasaran Online Produk Olahan Lidah Buaya Melalui Media Whatsapp Business Guna Meningkatkan Jangkauan Pemasaran dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi cara meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan sebesar 13,98%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ananda, Harumi, and A. Zuhrotun. "Review: Aktivitas Tanaman Lidah Buaya (Aloevera Linn) Sebagai Penyembuh Luka". J. Farmaka, 2017.

M. Afridhal, “Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong di Kecamatan Samalanga Kabupaten Biruen”. J. S. Pertanian, vol. 1, no. 3, pp. 223-233, 2017.

Suprabowo, R. Lutfhi, R. Winandi, and S. Zahroh. "Analisis Nilai Tambah Dan Sistem Pemasaran Lidah Buaya Di Kabupaten Bogor". J. Jamu Indonesia, vol.2, no. 3, pp. 102-113, 2017, doi. 10.29244/jji.v2i3.39

R. A. A. Asse, “Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makasar)”. J. Komunikasi Kareba, vol.7, no. 2, pp : 209 – 231, 2018.

Krisna, Maria, M. Arifin, and E. Puspitojati. "Strategi Pemasaran Online Produk Olahan Pangan (Studi Kasus Pada KWT Di Kelurahan Sendangtirto, Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman)". J. Triton, vol. 12, no.2, pp.15-26, 2021, doi. 10.47687/jt.v12i2.167.

P. Kotler, and G. Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta. 2009.

D. F. Harahap and W. Hasim. “Implementasi SWOT Strategi Pemasaran Online Pada Counter Super Cell Di Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo”. J. Manajemen Sains. 2021.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Alfabeta, Bandung. 2016.

F. Rangkuti, Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT, PT Gramedia, Jakarta, 2000.

F. Rangkuti, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2017.

P. R. Susanthi, “Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Mencapai Tujuan Perusahaan (Studi Kasus STIE Galileo Batam)”. J. Elektronik, vol.1, no. 1. 2017.

Mardiani, I. Endang and O. J. Imanuel. “Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing)”. J. Ekonomi, vol. 4, no. 2, pp. 151 – 161, 2013.

Nuraini, “Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung”. J. Benefit, vol. 6, no. 1, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Cara Mengutip

Radede, A. I., Arifin, M. ., & Puspitojati, E. (2022). Strategi Pengembangan Pemasaran Online Produk Olahan Lidah Buaya Kelompok Tani Pelangi 43 melalui Whatsapp Business di Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 603-614. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.760
Abstrak viewed = 57 times