Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi dengan Sparkol Bagi Guru SMPN 27 Medan

Penulis

  • Ali Akbar Lubis Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Muhammad Isnaini Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Yoakim Simamora Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Mega Silfia Dewy Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.758

Kata Kunci:

Animasi, Media Pembelajaran, Pelatihan Sparkol

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMP N 27 Medan yang terletak di jalan Pancing Ps. IV No.2, Sidirejo, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara. Dari hasil pengamatan permasalahan pokok yang dialami mitra yaitu kurangnya pengetahuan guru dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran Saat ini, sebagian besar guru hanya memanfaatkan media pembelajaran konvensional seperti power point, video pembelajaran sederhana dan beberapa media konvensional lainnya. Hal ini menjadikan proses pembelajaran menjadi kurang menarik bagi peserta didik, sehingga mengakibatkan kurangkanya motivasi dan minat belajar peserta didik. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada di sekolah mitra. Dimana solusi yang diberikan yaitu berupa pelatihan dan pendampingan pada guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam merancang media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Secara khusus tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan kepada guru dalam membuat media pembelajaran berbasis animasi dengan Sparkol. Evaluasi terhadap peserta dilakukan nberdasarkan respon peserta terhadap pertanyaan dalam angket sebelum dan sesudah pelatihan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan yang terdiri dari: tahap sosialisasi, tahap pelatihan serta tahap evaluasi. Dari hasil evaluasi didapatkan bahwa 89.4 % guru peserta pelatihan setuju bahwa menggunakan video animasi dapat meningkatkan animo belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Achsin, Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Ujungpandang: IKIP Ujungpandang, 1993.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unimed, Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Medan: LPPM Unimed, 2022.

Purwati, "Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure", Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan (Online). Volume 3, No. 1, 2015. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpp/article/view/2194.

K. Agustini, and J. G. Ngarti, "Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D", Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 62-78, 2020.

M. R. Akbar, A. R. Hakim, and A. Haris, "Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Dengan Videoscribe Untuk Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 4.0", Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 51-57, 2020.

S. Amin, "Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran sparkol videoscribe di Kabupaten Malang," Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 4, no. 4, pp. 563-572, 2019.

A. Febrianto, and N. Saputra, "Pelatihan Media Pembelajaran Inovatif dengan VideoScribe Bagi Guru SDN Malangrejo", Community Empowerment, vol. 6, no. 1, pp. 24-28, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Cara Mengutip

Lubis, A. A. ., Isnaini, M. ., Simamora, Y., & Dewy, M. S. . (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi dengan Sparkol Bagi Guru SMPN 27 Medan . Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 597-601. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.758
Abstrak viewed = 26 times