Upaya Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Penatalaksanaan Emergensi Pada Kejang Demam

Penulis

  • Marta Tania Gabriel Ching Cing Program Studi Keperawatan Anestesiologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Rully Annisa Program Studi Keperawatan Anestesiologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Retno Sulistyowati Program Studi Teknologi Laboratorium Medik, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.742

Kata Kunci:

Gawat Darurat, Kejang Demam, Penatalaksanaan

Abstrak

Kejang demam atau penyakit step adalah kejang pada anak yang dipicu oleh demam, bukan diakibatkan kelainan di otak. Kejang demam biasanya terjadi pada anak usia 6 bulan hingga 5 tahun. Kondisi anak demam sudah menjadi masalah yang mampu membuat orang tua tau pengasuh panic. Pada survey yang dilakukan pada anggota mitra mengenai penanganan kejang demam pada anak dapat ditemukan bahwa pengetahuan anggota mitra tentang pertolongan pertama pada kejang demam masih rendah untuk itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatakan tentang penanganan kejang demam yang terjadi dirumah dapat ditangani dengan benar dan menurunkan resiko untuk menjadi lebih berat. kegiatan ini dirancang dengan tehnik diskusi dan demonstrasi dalam menatalaksana kejang demam. hasil pretest pada kegiatan ini mendapatkan nilai skor rerata 60, setelah kegiatan nilai skor pada post test adalah 80 artinya terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 33% dari nilai awal, berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang penatalaksanaan kejang demam pada kondisi emergensi terutama di lingkungan rumah tangga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. I. Fitrianti, T. Susilowati, and E. S. Wahyuni, “Penerapan Kompres Suhu Air Hangat (Tepid Sponge) Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Pada Anak Demam Di Wilayah Upt. Puskesmas Gambirsari,” 2018.

R. B. Mohammad, “Identifikasi Faktor Risiko Kejang Demam Sederhana pada Anak,” Fak. Kedokt. Hasanuddin, 2017.

L. R. Jaya, “Pengaruh Teknik Edukasi Audio Visual Terhadap Sikap Ibu Dalam Pertolongan Pertama Kejang Demam Pada Anak Di Ruang Asoka Rsud Bangil.” Stikes Bina Sehat Ppni, 2021.

P. Wulandini, R. Saputra, and D. Frilianova, “Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Kejang Demam Pada Anak Usia 6 Bulan Sampai 5 Tahun Di Puskesmas Kampar Timur 2018,” J. Keperawatan Abdurrab, vol. 2, no. 2, pp. 57–67, 2019.

M. T. G. C. Cing, “Pertolongan Pertama Pada Kegawatdaruratan,” in Keperawatan Kegawadaruratan dan Kebencanaan, A. Munandar, Ed. Media Sains Indonesia, pp. 47–64, 2021.

M. Mulia, “Pelaksanaan Tugas Keluarga Di Bidang Kesehatan: Mengambil Keputusan Mengenai Tindakan Kesehatan Yang Tepat Terhadap Kejadian Hipertensi Pada Lansia Di Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir,” J. Kesehat. Panca Bhakti Lampung, vol. 6, no. 2, p. 101, 2018, doi: 10.47218/jkpbl.v6i2.45.

R. F. Arief, “Penatalaksanaan Kejang Demam,” Cermin Dunia Kedokteran-232, vol. 42, no. 9, pp. 658–9, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/HealthyTadulako/article/download/8333/6614.

K. Labir, N. L. K. Sulisnadewi, and S. Mamuaya, “Pertolongan pertama dengan kejadian kejang demam pada anak,” J. Nurs., pp. 1–7, 2017, [Online]. Available: http://poltekkes-denpasar.ac.id/files/JURNAL GEMA KEPERAWATAN/DESEMBER 2014/ARTIKEL Ketut Labir dkk,.pdf.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Cara Mengutip

Cing, M. T. G. C., Annisa, R., & Sulistyowati, R. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Penatalaksanaan Emergensi Pada Kejang Demam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 567-571. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.742
Abstrak viewed = 122 times