Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Melalui Terapi Bermain di RumKital Dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang

Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Melalui Terapi Bermain di RumKital Dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang

Penulis

  • Wasis Pujiati Program Studi S1 Keperawatan Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, Indonesia
  • Hotmaria Julia Dolok Saribu Program Studi S1 Keperawatan Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, Indonesia
  • Zakiah Rahman Program Studi S1 Keperawatan Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, Indonesia
  • Syamilatul Khariroh Program Studi S1 Keperawatan Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.73

Kata Kunci:

cemas, anak sekolah, hospitalisasi, terapi bermain

Abstrak

Kecemasan merupakan suatu keadaan emosional yang tidak menyenangkan yang  ditandai oleh rasa ketakutan dan gejala fisik yang menegangkan dan tidak diinginkan oleh anak, sehingga akan berpengaruh pada kesehatannya. Beberapa tindakan yang dilakukan untuk untuk menurunkan kecemasan pada anak yang sedang di rawat di RS adalah kegiatan terapi bermain. Salah satu terapi bermain yang dilakukan oleh TIM pengabdian untuk menurunkan kecemasan adalah terapi bermain mewarnai. Terapi bermain merupakan salah satu asuhan keperawatan pada anak untuk mengurangi kecemasan dan ketakutan. Berdasarkan data yang didapatkan di Rumkital Dr Midiyato Suratani Tanjungpinang, Berdasarkan hasil study pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 14 Oktober 2019 dan hasil data rekaman medik di Rumkital Dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, didapatkan jumlah kunjungan pada anak usia 3-5 tahun dari bulan Juli- September 2019 sebanyak 120 orang anak.  Pada saat diberikan terapi bermain ini anak yang dilakukan perawatan sebanyak 10 orang dengan kriteria anak prasekolah, media yang digunakan adalah dengan mewarnai atau terapi mewarnai. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala ruangan bahwa di RSAL sudah memiliki ruang bermain. Dari pengamatan, beberapa orang tua membawa mainan ketempat tidur anaknya agar anak merasa lebih nyaman. Terapi bermain di Ruang Anak ini memang  harus sering diberikan supaya anak yang dirawat mampu mengatasi kecemasan dan ketakutan yang dialami selama masa hospitalisasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Potter & Perry. (2019). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep Proses & Praktek. Edisi 4, Vol. 1. Jakarta: EGC

Hockenberry, M.J., & Wilson, D. (2013). Wong’s essentials of pediatrik nursing (9 tahun Ed.). St. Louis: Mosby).

Donna L. Wong. ...... et all. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pedriatik. Cetakan pertama. Jakarta : EGC.

Kyle & Carman. (2015). Buku Ajar Keperawatan Pediatri (Essetials of Pediatric Nursing). Volume 2. Edisi 2. Jakarta: EGC.

Purwandari, H., Mulyono, W.A., & Sucipto, A. (2010). Terapi bermain untuk menurunkan kecemasan perpisahan pada anak prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Jurnal Keperawatan Profesional Indonesia, 52-59.

Adriana Dian. (2011). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak, Jakarta : Salemba Medika.

Alfiyanti, D., Hartiti, T., dan Samiasih, A., 2007, Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Selama Tindakan Keperawatan di Ruang Lukman Rumah Sakit Roemani Semarang, Jurnal Keperawatan., 1(1):35-44.

Handayani, R., & Puspitasari. (2009). Pengaruh terapi bermain terhadap tingkat kooperatif selama menjalani perawatan pada anak usia prasekolah (3–5 tahun) di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Surya Medika.

Rani Fitriani Arifin,. Udiyani R, Rini. (2019). Efektifitas terapi menggambar dan mewarnai gambar terhadap kecemasan hospitalisasi usia prasekolah (effectiveness of drawing and color in picture therapy of hospitalization anxiety in pre school age). Jurnal Darul Azhar Vol 6, No.1 Agustus 2018 – Januari 2019, Hal : 53 - 58

Muhamad Idris, Mathilda Reza. (2018). Efektifitas terapi bermain (mewarnai) terhadap penurunan kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah) (3-6 tahun) di Ruang Melati RSUD Kota Bekasi. Jurnal Afiat vol.4 no.2 tahun 2018 “kesehatan jiwa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-11

Cara Mengutip

Pujiati, W., Saribu, H. J. D., Rahman, Z., & Khariroh, S. (2021). Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Melalui Terapi Bermain di RumKital Dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang: Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Melalui Terapi Bermain di RumKital Dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 371-376. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.73
Abstrak viewed = 102 times