Pelatihan Tenaga Pendidik TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) Di Sidomulyo Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.724Kata Kunci:
Metode ABCD, Pelatihan, Tenaga Pendidik, Taman Pendidikan Al-QuranAbstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kecakapan kepada remaja yang pernah berkontribusi sebagai tenaga pendidik untuk dapat meningkatkan keterampilannya dalam mengajar, menumbuhkan rasa percaya diri, menambah pengalaman, dan memberikan berbagai pelatihan skill yang diperlukan dalam mengajar di TPA (Taman Pendidikan al-Quran). Metode yang digunakan adalah metode ABCD (Asset Based Community-driven Development). Pada pelaksanaan kegiatan pelatihan bagi remaja sebagai tenaga pendidik TPA dilakukan serangkaian kegiatan yang meliputi; Melatih kemampuan baca al-Quran remaja (makhorijul huruf), Pendalaman tajwid dasar untuk remaja (hukum seputar nun mati dan mim mati), Pelatihan pengelolaan TPA (Taman Pendidikan al-Quran), Bimbingan untuk pengajar TPA (tips dan nasehat), belajar bernyanyi lagu-lagu untuk anak di TPA, dan praktik mengajar. Pelatihan menjadi tenaga pendidik ini diharapkan dapat menambah kemampuan mengajar para remaja yang masih canggung dalam mengajar, sebagai training yang dapat dijadikan bekal dalam mengajar, serta tambahan ilmu dan wawasan untuk remaja. Dalam kegiatan pelatihan ini, peserta remaja mengikuti kegiatan dengan baik, mengikuti arahan dari setiap rangkaian kegiatan pelatihan, serta mampu bernyanyi bersama anak-anak dan lebih percaya diri dalam mengajar.
Unduhan
Referensi
D. Widiani, "Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an," Jurnal Pendidikan Islam., vol. 1, no. 2, p. 191, 2018. URL: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/murabby/article/download/321/207
A. B. Almagribi and Muslimah, "Implementasi Hubungan Ilmu, Budaya, dan Ekonomi pada Lembaga Pendidikan Islam Indonesia.," Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, vol. 7, no. 1, pp. 29-30, 2021. DOI: 10.24114/antro.v7i1.24265
H. A. Malik, "Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (Tpq) Alhusna Pasadena Semarang," Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, vol. 13, no. 2, p. 389, 2013. URL: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/dimas/article/view/60
S. Romlah, "Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Islam Non Formal di Indonesia," Jurnal Studi Islam, vol. 5, no. 1, p. 8, 2020. URL: https://core.ac.uk/download/pdf/327174323.pdf
A. Purba and Maturidi, "MENDIDIK ANAK DALAM MENCINTAI AL-QURAN: Studi Kasus di TPA Darussalam Al-Hamidiyah Bogor," Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8: no. 2, pp. 354-355, 2019. URL: https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/download/508/409
A. Z. Sutrisno, Panduan Lengkap Mengajar Taman Pendidikan al-Quran (TPA), Jawa Tengah: Yayasan Hubbul Khoir., 2018, p. 12.
M. Maulana, "Asset-Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat Di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang.," Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam , vol. 4, no. 2, p. 260, 2019. URL: https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/empower/article/download/4572/pdf_16
H. Suksmawati, M. Alidyan, R. Febrianita and P. . F. Nuryananda, "Besek Tegaren: Abcd, Cbt, Dan Glokalisasi Dalam Satu Kemasan.," Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan sosial, Desa, dan Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 11-12, 2020. URL: https://jurnal.unpad.ac.id/sawala/article/view/29848
Z. Arif and Zulfitria, Pendidikan Berbasis Al-Quran, Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021, p. 71.
Listiawati, Tafsir Ayat-ayat Pendidikan, Depok: Kencana, 2017, p. 65.
Suwarno, Tuntunan Tahsin Al-Quran, Yogyakarta: Deepublish, 2016, p. 31.
Marzuki and S. C. Ummah, Dasar-Dasar Ilmu Tajwid, Yogyakarta: DIVA Press, 2020, p. 24.
S. N. Aidah and T. Penerbit, Panduan Lengkap Belajar Ilmu Tajwid, Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia., 2020, pp. 6-7.
T. Yustiani, Be Smart Pendidikan Agana Islam Kumpulan Soal Untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama, Bandung: Penerbit Grafindo Media Pratama, 2008, p. 69.
A. Z. Sutrisno, Panduan Lengkap Mengajar Taman Pendidikan al-Quran (TPA), Jawa Tengah: Yayasan Hubbul Khoir, 2018, p. 12.
I. Trimuliana, Zulfikar and R. Permana, Aktivitas Fisik Sebagai Model Pembelajaran Anak Usia Dini, Jawa Barat: Edu Publisher, 2022, p. 70.
Wahono, I. Yasiana and A. Vinayastri, Perkembangan Anak: Mendukung Implementasi MBKM, Sumatra Barat: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim, 2022, p. 157.