Upaya Peningkatan Angka Penjualan di Kelurahan Rungkut Menanggal melalui Program Pendampingan Digital Marketing UMKM Pengrajin Kain Batik

Penulis

  • Shally Urfa Ramadhania Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Kinanti Resmi Hayati Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Supriyono Supriyono Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Sugito Sugito Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.720

Kata Kunci:

Instagram, Media Sosial, Pemasaran Digital, Teknologi

Abstrak

Pemasaran digital saat ini memainkan peranan yang sangat penting. Hal ini membuka peluang bagi para UMKM untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan eksistensinya dengan memanfaatkan sosial media sebagai sebuah medium dalam melaksanakan pemasaran produknya. Dalam jurnal ini mengkaji sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kelompok 5 KKN-T MBKM yang bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan pada UMKM batik "Andyni Collection" dengan melakukan pembaruan foto produk, pembaruan kemasan, hingga pembaruan akun Instagram. Metode yang digunakan adalah wawancara kepada pelaku UMKM Tas Batik “Andyni Collection” yang mana akan dilakukan sebuah perbandingan sebelum dan sesudah dilakukan pemasaran digital ini. Kemudian didapatlah hasil bahwa program pendampingan pemasaran digital UMKM Tas Batik “Andyni Collection” mampu meningkatkan angka penjualan dan kenaikan omset dibandingkan bulan sebelumnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Rini and M. Shihab, “Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan UMKM,” J. Terap. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 159–170, 2018, doi: 10.21460/jutei.2018.22.125.

M. Idris, “Digital Marketing: Definisi, Jenis, Kelebihan, dan Contohnya,” Kompasian, 2022. https://money.kompas.com/read/2022/04/17/065818426/digital-marketing-definisi-jenis-kelebihan-dan-contohnya?page=all.

V. Desai, “Digital Marketing: A Review,” Int. J. Trend Sci. Res. Dev., vol. 3, no. 2, pp. 91–94, 2019, doi: 10.31142/ijtsrd23072.

Sasi, “Pentingnya Berpikir Kreatif dalam Digital Marketing,” Niagahoster, 2019. https://forum.niagahoster.co.id/Pertanyaan/pentingnya-berpikir-kreatif-dalam-digital-marketing/.

M. H. Purwidiantoro, D. F. Kristanto, and W. Hadi, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM),” J. EKA CIDA, vol. 1, no. 1, pp. 30–39, 2016, [Online]. Available: http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19/11.

S. Rosandi and T. Sudarwanto, “Pengaruh Citra Merek dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Susu Ultra,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 2, no. 2, pp. 1–16, 2014.

M. E. Apriyanti, “Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan,” Sosio e-kons, vol. 10, no. 1, p. 20, 2018, doi: 10.30998/sosioekons.v10i1.2223.

I. R. Servanda, P. Sari, and N. Ananda, “Peran Ulasan Produk Dan Fot Produk Yang Ditampilkan Penjual Pada Marketplace Shopee Terhadap Minat Beli Pria Dan Wanita,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 69–79, 2019, doi: 10.37673/jmb.v2i2.526..

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Cara Mengutip

Ramadhania, S. U., Hayati, K. R., Supriyono, S., & Sugito, S. (2022). Upaya Peningkatan Angka Penjualan di Kelurahan Rungkut Menanggal melalui Program Pendampingan Digital Marketing UMKM Pengrajin Kain Batik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 531-536. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.720
Abstrak viewed = 56 times