Membangun Karakter Entrepreneur Bagi Siswa SMK Al-Hikmah, Kalirejo, Lampung Tengah

Penulis

  • Emi Suwarni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrta Indonesia, Indonesia
  • Maidiana Astuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrta Indonesia, Indonesia
  • Yusra Fernando Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Mareta Enjelya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrta Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.703

Kata Kunci:

Entrepreneur, Motivasi Siswa, Pelatihan

Abstrak

Kewirausahaan merupakan kegiatan yang menjadi salah satu solusi untuk memperoleh penghasilan. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah SMK Al-Hikmah, Kalirejo, Lampung Selatan. Salah satu permasalahan kususnya bagi siswa adalah banyak dari siswa yang membantu usaha orangtua seperti membuka usaha bengkel motor dan service computer, akan tetapi kebanyakan dari siswa yang ingin berwirausaha namun belum memiliki pemahaman mengenai wirausaha. Oleh karena itu, perlu adanya motivasi, pemahaman, dan pelatihan tentang bagaimana membangun karakter kewirausahaan bagi siswa. Metode pelaksanaan pengabdian ini secara garis besar menggunakan pendekatan kualitatif yang meliputi pendekatan institusional dan pendekatan partisipatif. Pada pendekatan institusional dilakukan dengan cara berkomunikasi secara langsung perihal kebutuhan yang diperlukan mitra dan masalah yang sedang dihadapi. Di sisi lain, pendekatan partisipatif dilakukan dengan melibatkan peserta pelaksanaan pengabdian agar tercapainya kebutuhan dengan cara metode diskusi, pemberian sosialisasi terhadap IPTEK dan berwirausaha. Kegiatan evaluasi dilakukan untuk menilai efektifitas pelatihan dalam membangun karakter kewirausahaan bagi siswa. Kegiatan evaluasi juga digunakan untuk menilai keberhasilan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Alat ukurnya adalah kuisioner yang telah diisi oleh peserta. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan ini bermanfaat dan dapat membangun karakter serta jiwa entrepreneur bagi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

I. Ahmad, P. Prasetyawan, and T. D. R. Sari, "Penerapan Algoritma Rekomendasi Pada Aplikasi Rumah Madu Untuk Perhitungan Akuntansi Sederhana Dan Marketing Digital" In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, Vol. 1, pp. 38-45, 2019.

H. Haryanto, J. Chang, F. Quinn, "Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi dan Pendapatn UMKM JHN Shop Batam", Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 181-186, 2022.

B. N. Kelara, and E. Suwarni, "PERAN INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN KINERJA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH", Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, vol. 13, no. 1, pp. 45-53, 2020.

T. D. R. Sari, and D. Sukmasari, "Does Organizational Learning and Innovation Influence Performance?", Journal of Behavioural Economics, Finance, Entrepreneurship, Accounting and Transport, vol. 6, no. 1, pp. 22-25, 2018.

E. Suwarni, "Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan Dan Kesejahteraan", In Seminar Nasional Riset Inovatif, Vol. 2, 2014.

E. Suwarni, and K. S. A. H. Mirza, "Infrastructure Development and Competitiveness of MSMEs as Trigger to Increase the Economy of Palembang City," 2016.

E. Suwarni, K. Sedyastuti, and A. H. Mirza, "Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro pada Era Ekonomi Digital", Ikra-Ith Ekonomika, vol. 2, no. 2, pp. 29-34, 2019.

E. Suwarni, M. Astuti, Y. Fernando, F. E. Saputra, A. Candra, "Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce Produk Batik Tulis di Desa Balarejo", vol. 2, no. 20, pp. 187-192, 2022.

P. Subekti, H. Hafiar, F. X. Ari, A. Prastowo, and D. Marsina, "Pemberdayaan Generasi Muda Melalui Pengenalan dan Pelatihan Kewirausahaan di Kabupaten Pengandaran", vol. 2, no. 2, pp, 131-136, 2022

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Cara Mengutip

Suwarni, E., Astuti, M. ., Fernando, Y., & Enjelya, M. (2022). Membangun Karakter Entrepreneur Bagi Siswa SMK Al-Hikmah, Kalirejo, Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 517-522. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.703
Abstrak viewed = 64 times