Pelatihan Kewirausahaan dan pengembangan Belanja Online Gordyn Ma’david di Desa Sainties

Penulis

  • Azizah Yusra Amaliyah Harahap STKIP Amal Bakti, Indonesia
  • Tumiyem Tumiyem STKIP Amal Bakti, Indonesia
  • Ardania Syahfitri STKIP Amal Bakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.63

Kata Kunci:

Kewirausahaan, jiwa entrepreneur, toko online, Gorden

Abstrak

Kewirausahaan merupakan bidang yang paling banyak diminati oleh masyarakat umum. Seorang wirausahawan atau yang biasa disebut Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki jiwa dan kemampuan tertentu dalam berkreasi dan berinovasi. Namun permasalahan yang dihadapi saat ini adalah perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dimana semua kegiatan menjadi berbasis teknologi termasuk dalam ranah kewirausahaan. Seorang Enterpreneur harus mampu mengikuti perkembangan teknologi agar mampu bersaing dalam memasarkan produk. Namun kenyataannya masih banyak pedagang yang belum mampu berkreasi dan berinovasi dalam memasarkan produk dengan teknologi terlebih lagi dimasa pandemik covid 19. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan diera pandemik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode daring menggunakan zoom meeting. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga kali pertemuan dengan materi yaitu trik jitu wirausaha sukses, Jiwa Entrepreneur dan cara mengembangkan produk (Gorden). Adapun peserta kegiatan ini terdiri dari masyarakat desa sainties Sumatera Utara. Hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa setelah kegiatan dilaksanakan terjadinya peningkatan pemahaman masyarakat terhadap kewirausahaan serta bagaimana mengembangkan produk yang sudah ada.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. E. Pujiastuti, “Pengaruh Kepribadian dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha pada Usia Dewasa Awal,” Buletin ekonomi Vol. 11, No. 1, pp. 1-86, 2013.

U. Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

D. Wijayanto, Pengantar Manajemen, Gramedia Pustaka Utama, 2012.

A. Loekamto, “Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Online Shopping,” Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Vol. 1, No. 3, 2012.

D. Juju, and M. Maya, Cara Mudah Buka Toko Online dengan Wordpress+WP E Commerce, Yogyakarta: Andi Offet, 2010.

B. Walgito, Teori Konvergensi, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 2004

E. E. Pujiastuti, “Pengaruh Kepribadian dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha pada Usia Dewasa Awal,” Buletin ekonomi, Vol. 11, No. 1, pp. 1-86, 2013.

M. L. Rosmadi, dkk, “The Role of Indonesian Human Resources in Developing MSMEs Facing the Industrial Revolution 4.0.,” Budapest International Research and Critics Institute Journal (BIRCI-Journal), Vol. 2, No.1, pp. 193-199, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-11

Cara Mengutip

Harahap, A. Y. A., Tumiyem, T., & Syahfitri, A. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan pengembangan Belanja Online Gordyn Ma’david di Desa Sainties. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 315-322. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.63