Penyuluhan Penggunaan Listrik yang Aman dan Hemat bagi Anak-anak

Penulis

  • Ratnasari Nur Rohmah Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Hasyim Asyari Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.618

Kata Kunci:

Bahaya Listrik, Kejut Listrik, Penghematan

Abstrak

Anak-anak merupakan pengguna listrik yang cukup beresiko terkena bahaya listrik. Selain penggunaan listrik yang aman, anak-anak juga seharusnya memahami pentingnya berhemat dalam penggunaan energi listrik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan penyuluhan yang tepat, menarik, dan mudah dicerna anak-anak tentang potensi bahaya listrik, bagaimana penggunaan listrik yang aman, dan pentingnya penghematan listrik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah demontrasi, diskusi, dan ceramah. Demonstrasi dilakukan dengan penanyangan video yang terkait dengan materi yang akan diberikan.  Metode ini dipilih karena bagi anak-anak, penyampaian materi secara visual lebih menarik dibandingkan metode ceramah saja. Metode ceramah dilakukan dengan pemaparan materi secara lisan yang dilengkapi dengan penayangan slide power point. Selama pemberian materi, anak-anak diperkenankan untuk mengajukan pertanyaan jika ada materi yang kurang dimengerti.  Pada akhir paparan diselenggarakan quiz yang diberikan secara lesan dengan pemberian hadiah bagi anak-anak yang berhasil menjawab dengan benar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang terhadap potensi bahaya listrik, bagaimana penggunaan listrik yang aman, dan pentingnya penghematan listrik. Antusiasme anak-anak mengikuti seluruh kegiatan penyuluhan menunjukkan bahwa metode penyuluhan yang digunakan tepat, menarik, dan mudah dicerna anak-anak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. A. Diantari and T. Darmana, “Sosialisasi Bahaya Dan Keselamatan Penggunaan Listrik Di Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng,” Terang, vol. 1, no. 1, pp. 96–105, 2019, doi: 10.33322/terang.v1i1.138.

N. Haworth and S. Hughes, The International Labour Organization. 2012.

A. N. Khuzar, Eliyani and R. P. Astutik, “Media Interaktif Pengenalan Alat Dan Bahaya Listrik Berbasis Video Game Edukatif Untuk Anak SD,” SinarFe7, vol. 2, no. 1, pp. 237–242, 2019.

P. Harahap, I. Nofri, F. Arifin, and M. Z. Nasution, “Sosialisasi Penghematan dan Penggunaan Energi Listrik Pada Desa Kelambir Pantai Labu,” In Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan UMSU, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 235–242, doi: 10.30596/snk.v1i1.3616.

K. P. D. S. Nugroho, “Aktualisasi Peran Pemimpin Nasional yang Visioner dapat Mengembangkan Pariwisata,” Kaji. Lemhannas RI, vol. 27, p. 25, 2016. [Online]. Available: http://www.lemhannas.go.id/images/Publikasi_Humas/Jurnal/Jurnal_Edisi_27_September_2016.pdf.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-20

Cara Mengutip

Rohmah, R. N., & Asyari, H. . (2022). Penyuluhan Penggunaan Listrik yang Aman dan Hemat bagi Anak-anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 225-229. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.618
Abstrak viewed = 48 times