Pengenalan Pemrograman Perangkat Bergerak bagi Siswa SMA/SMK dalam Kegiatan Seminar Ilmiah Populer Online

Penulis

  • Farah Zakiyah Rahmanti Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Indonesia
  • Bernadus Anggo Seno Aji Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Indonesia
  • Khodijah Amiroh Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Indonesia
  • Helmy Widyantara Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Indonesia
  • Oktavia Ayu Permata Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Indonesia
  • Ignatia Indreswari Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Iqbal Maulana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Rafi Irzam Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.596

Kata Kunci:

Pemrograman, Perangkat Bergerak, Seminar Daring

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki latar belakang dimana kegiatan siswa SMA/SMK khususnya anak kelas XII di sekolah pada bulan Mei sudah tidak ada kegiatan akademik. Kegiatan siswa/SMK pada bulan Mei biasanya sedang mengikuti UTBK untuk melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya. Kegiatan ini bermaksud untuk memfasilitasi pengetahuan awal di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebelum siswa SMA/SMK masuk ke bangku perkuliahan. Program kegiatan Seminar Ilmiah Populer (SIP) online merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang memberikan banyak manfaat bagi siswa SMA/SMK yang sedang berada di rumah selama kondisi pandemik. Siswa SMA/SMK mendapatkan banyak ilmu terkait teknologi informasi pada perangkat bergerak. Siswa SMA/SMK dapat mengenal lebih awal tentang pemrograman mobile agar dapat membuat aplikasi yang dapat berjalan pada perangkat bergerak. Perangkat yang dimaksud adalah ponsel pintar, tablet, jam pintar, dan gelang pintar. Tujuan akhir dari program pengabdian masyarakat ini adalah siswa-siswa SMA/SMK dapat menambah wawasannya tentang bagaimana membuat aplikasi perangkat bergerak, serta dapat mengetahui perangkat lunak apa saja yang perlu disiapkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. D. I. Trivena, N. N. Mewengkang, R. E. Kalesaran, "Penggunaan Smartphone dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado", Jurnal Acta Diurna, Vol. 6, No. 1, 2017

S. Surawijaya, B. S. Eko, "Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan," ULTIMA InfoSys, Vol. 8, No. 1, 2017.

I. Muhammad, "Rancang Bangun Aplikasi Mobile Notifikasi Berbasis Android untuk Mendukung Kinerja di Instansi Pemerintahan," Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), Vol. 3, No. 1, 2015.

F. N. Faisal, H. B. Adam, P. K. Agi, "Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Barang Dengan ReactJS Dan React Native Menggunakan Prototype (Studi Kasus : Toko Uda Fajri)", Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 4, No. 1, 2020.

A. Kenji, A. Hendrawan, "Sistem Tempat Parkir Terintegrasi yang Dilengkapi dengan Aplikasi Mobile dan Mikrokontroller," Journal of Information System, Graphics, Hospitality and Technology (Insight), Vol. 2, No. 1, 2020.

Anonim, "XCode 11", Web Resmi XCode, https://developer.apple.com/documentation/xcode_release_notes/xcode_11_release_notes, (diakses 13 Mei 2020).

Anonim, "React Native", Web Resmi React Native, https://reactnative.dev/, (diakses 13 Mei 2020).

Anonim, "Flutter", Web Resmi Flutter, https://flutter.dev/?gclid=Cj0KCQjwirz3BRD_ARIsAImf7LM0vcENO5wUxHQLTUZyjJLwiBOh5MqYzQ695hUQX5IgLs9zWc5hiK8aAhuQEALw_wcB&gclsrc=aw.ds, (diakses 13 Mei 2020).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Rahmanti, F. Z., Aji, B. A. S., Amiroh, K. ., Widyantara, H. ., Permata, O. A., Indreswari, I. ., Maulana, M. I., & Irzam, M. R. (2022). Pengenalan Pemrograman Perangkat Bergerak bagi Siswa SMA/SMK dalam Kegiatan Seminar Ilmiah Populer Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 237-243. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.596