Penerapan Teknolgi Tepat Guna Filter Air Untuk Peternak Ikan Koi Di Dusun I Timur Karang Anyar

Penulis

  • Soni Hestukoro Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Penteris Rumissar P Naibaho Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Anggiat Parlindungan Simbolon Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.579

Kata Kunci:

Air, Filter, Ikan Koi, Kolam, Pemijahan

Abstrak

Ikan koi merupakan ikan hias yang memiliki kriteria yang di sukai oleh kebanyakan orang karena warna yang cantik dan bentuk tubuh yang ideal, warnanya yang cerah dan bercorak menjadikan ikan koi bernilai seni dan membuat nyaman dipandang. Di Dusun I Timur Karang Anyar desa Karang Anyar kecamatan Beringin kabupaten Deli Serdang banyak dijumpai areal persawahan yang membudidayakan ikan koi. Mitra pengabdian, bapak Sumarlan salah satu pembudidaya ikan koi, sudah lebih dari 10 tahun membudidayakan ikan koi ini. Upaya yang dilakukannya antara lain dengan menyilangkan sendiri beberapa varian ikan koi sehingga menghasilkan spesies dengan tampilan yang baru sama sekali. Di areal pekarangan rumahnya terdapat 3 kolam pembiakan untuk menghasilkan benih ikan koi dengan ukuran 1 kolam (panjang x lebar) 4 x 2 m. Pembenihan ikan koi yang diusahakan mitra pengabdian dirasa masih kurang optimal dikarenakan kualitas air kolam pembenihan yang kurang baik, dimana air keruh dan sedikit mengandung asam. Mitra pengabdian sudah mengupayakan penyaringan dengan menggunakan bak penyaringan konvensional akan tetapi hasil penyaringannya masih kurang signifikan. Pengusul memberikan solusi berupa pemasangan filter air untuk meningkatkan hasil pembenihan ikan koi dengan meningkatnya kualitas air di kolam pemijahan. Pemasangan filter terbukti dapat memperbaiki kualitas air, baik dari segi kejernihan, kandungan partikel padat dan pH.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. Kusrini, S. Cindelaras, and A. B. Prasetio, "Pengembangan Budidaya Ikan Hias Koi (Cyprinus carpio) Lokal di Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Depok," Media Akuakultur, vol. 10, pp. 71-78, 2015.

J. Anggo, "Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Ikan Koi (Cyprinus Carpio) di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) “Sumber Harapan” Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur," Universitas Brawijaya, 2017.

U. M. Papilon and M. Efendi, Ikan Koi: Penebar Swadaya, 2017.

Y. Hasan, "Aplikasi Penentuan Jenis Ikan Koi Berdasarkan Pembacaan Komposisi Warna Berbasis Android," Journal of Informatics Management and Information Technology, vol. 1, pp. 39-47, 2020.

R. T. O. Ritman, "Teknik Pembenihan Ikan Koi (Cyprinus Carpio) Di Balai Riset Budidaya Ikan Hias (Brbih) Depok, Jawa Barat," Universitas Airlangga, 2019.

Y. Mutalib, "PERBEDAAN SHELTER TERHADAP TINGKAT PENETASAN TELUR IKAN LELE SANGKURIANG Clarias gariepinus," Journal of Blue Oceanic, vol. 1, no. 1, 2020. doi: 0.31219/osf.io/xn3h9

S. Purwoto and W. Nugroho, "Removal Klorida, TDS dan Besi pada Air Payau melalui Penukar Ion dan Filtrasi Campuran Zeolit Aktif dengan Karbon Aktif," WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, vol. 11, pp. 47-59, 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-20

Cara Mengutip

Hestukoro, S., Naibaho, P. R. P., & Simbolon, A. P. (2022). Penerapan Teknolgi Tepat Guna Filter Air Untuk Peternak Ikan Koi Di Dusun I Timur Karang Anyar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 199-203. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.579
Abstrak viewed = 41 times