Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce pada Produk Batik Tulis di Desa Balairejo

Penulis

  • Emi Suwarni Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
  • Maidiana Astuti Handayani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
  • Yusra Fernando Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
  • Febrian Eko Saputra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
  • Fitri Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
  • Ade Candra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.570

Kata Kunci:

Batik, E-commerce, Pemasaran

Abstrak

Kegiatan Sistem Pemasaran berbasis E- Commerce merupakan praktik penggunaan promosi untuk meningkatkan traffic ke dalam toko online. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah Produk Batik Tulis di Desa Balairejo. Dimana permasalahan mitra adalah mereka masih kesulitan dalam memasarkan produk nya, kendala ini terjadi karena mereka hanya memasarkan produk batik tulis pada lingkungan terdekat nya saja dan belum memasarkan secara digital karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki. Oleh karena itu Perlunya pelatihan para penduduk khususnya karang taruna desa Balairejo dalam memasarkan produk batik tulis melalui e-commerce, sehinga diharapkan dapat membantu menggunakan pemasaran melalui e-commerce. Pelaksanaan kegiatan PKM ini meliputi pendekatan kualitatif yang meliputi pendekatan minstitusional dan pendekatan partisipatif. Pada pendekatan institusional dilakukan dengan cara berkomunikasi secara langsung perihal kebutuhan yang diperlukan mitra dan masalah masalah yang sedang dihadapi oleh mitra. Di sisi lain, pendekatan partisipatif dilakukan dengan melibatkan peserta pelaksanaan pengabdian agar tercapainya kebutuhan mitra dengan cara: metode diskusi; pemberian sosialisasi terhadap IPTEK, pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan e-commerce untuk produk batik yang akan dibuat oleh karang taruna desa Balairejo. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan penerapan pemasaran berbasis e-commerce ini diterima dengan sangat baik oleh para peserta di desa balairejo, dan peserta juga sudah sangat baik dalam menggunakan pemasaran berbasis e-commerce ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Rahmidani, "Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan," Jurnal SNEMA-2015 Padang-Indonesia, pp. 344-352, 2015. http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/26.

R. A. Bahtiar, "Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia [Potency, Government Role, and Challenges of E-Commerce Development in Indonesia]," Ekonomi & Kebijakan Publik, vol. 11, no. 1, pp. 13–25, 2020 http://jurnal.dpr.go.id/index.php/ekp/article/view/1485

M. S. Hotana, "Industri E-Commerce Dalam Menciptakan Pasar Yang Kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha," Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, vol. 1, no. 1, p. 28, 2018, doi: 10.30996/jhbbc.v0i0.1754

S. Rosyad, "Efektifitas Dan Efisiensi Penerapan E-Commerce Pada Pt. Wahana Surya Plastik," Jurnal Manajemen, vol. 3, no. 1, p. 627, 2018, doi: 10.30736/jpim.v3i1.146

R. Rahmatika, H. Dhika, and N. Isnain, "Penerapan E-Commerce pada Kelompok PKK di Kelurahan Pabuaran – Cibinong," Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 3, p. 218, 2020, doi: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.4614

I. Vahlia, and N. Lelawati, "Pelatihan E-Commerce Dan Manajemen Keuangan Sebagai Langkah Meningkatkan Pendapatan Pada Keripik Pisang Arjuna," Jurnal Hilirisasi IPTEKS, vol. 2, no. 4, pp. 1–10, 2019.

E. Suwarni, T. D. Rosmalasar, A. Fitri, and F. Rossi, "Sosialisasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Mathla’ul Anwar," Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 1, no. 4, pp. 157–163, 2021, doi: 10.52436/1.jpmi.28

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-20

Cara Mengutip

Suwarni, E., Astuti Handayani, M., Fernando, Y., Eko Saputra, F., Fitri, & Candra, A. (2022). Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce pada Produk Batik Tulis di Desa Balairejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 187-192. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.570
Abstrak viewed = 46 times