Internet Marketing Strategi Untuk Meningkatkan Pemasaran Industri Kopiah Desa Temboro Karas Magetan

Penulis

  • Rizal Ula Ananta Fauzi Program Studi Manajemen Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Dian Citaningtyas Ari Kadi Program Studi Manajemen Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Wisnu Waluyo Program Studi Manajemen Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Muhammad Adib Zakaria Program Studi Manajemen Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Endang Lestari Program Studi Manajemen Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Nadyla Octavia Program Studi Manajemen Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Novi Tri Laksono Program Studi Manajemen Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.5

Kata Kunci:

internet, pemasaran, kopyah, strategi

Abstrak

Pengabdian Masyarakat merupakan implementasi dari Tridarma perguruan tinggi untuk membantu masyarakat. Pengabdian Masyarakat ini untuk menemukan permasalahan yang dihadapi Iindustri Kopiah Desa Temboro. Indutri Kopiah tersebut dalam hal pemasaran masih kurang evektif, pasalnya mereka hanya memasarkan di lingkungan sekitar kampung tersebut yang notabennya memang sudah banyak masyarakat Temboro kesehariannya menggunakan kopiah . Maka dari itu tujuan Abdi Masyarakat kami ini akan mengenalkan cara pemasaran yang lebih meluas dan tentunya juga hemat biaya yaitu dengan cara penjualan dengan basis media online, Publikasi pada media sosial,dan meelalui media E-commerce. kegiatan pengabdian dibantu oleh para mahasiswa sekaligus sebagai pembelajaran kewirausahaan bagi mahasiswa sebagai pengetahuan berwirausaha. Inovasi yang dilakukan adalah melakukan pengembangan pemasaran melalui media berbasis E-commerce yang bertujuan untuk memperluas segmen pasar dari industri kopiah tersebut. Dari hasil pengabdian diperoleh situs web dan telegram yang dijadikan alamat untuk pemasaran online kopyah temboro sehingga memperluas pangsa pasar usaha Kopyah temboro dimasa new normal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Hj. Arman , R. U. A. Fauzi , A. S. A. Ditta , I. Idris ,and M. F. M. Yazi,” The Role of Perceived Benefits and Perceived Risks Towards the Consumers’ Purchase Intention Via ECommerce: An Evidence From Indonesia,” Solid State Technology, vol. 63, no. 2s, pp. 3257 – 3274, 2020.

R. U. A. Fauzi ,”The Influence of Business Plan Competition and Loan Provision on Nurturing the Spirit of Entrepreneurship Among Students”, Advances in Economics, Business and Management Research, volume 161, Proceedings of the Conference on International Issues in Business and Economics Research (CIIBER 2019) pp.188-192, 2021. https://dx.doi.org/10.2991/aebmr.k.210121.028

R. U. A. Fauzi, D. C. A. Kadi, R. C. Utomo, L. Dewi, and S. R. Muhtar, ” Branding dan Product Inovation Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Krupuk Bawang Desa Mrahu Kartoharjo Magetan,” Madaniya, vol. 1, no. 1, pp. 1 44-52, 2020.

R. U. A. Fauzi,” Marketing Strategy Analysis and Product Innovation Making added Value Bitter Melon,”Jurnal Keuangan Dan Bisnis, vol. 18, no. 1, pp. 107-115, 2020.

R. U. A. Fauzi, D. C. Ari. Kadi , G. K. S. Ernanda, P. Triwidya, and S. Adhelia,”Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun,” Indonesia Berdaya, vol. 2 no. 1, pp. 21 – 30, 2021.

P. Kotler,” Principle Of Marketing”, Edisi 12. California: Pearson, 2008.

D. C. A. Kadi, R. U. A. Fauzi, dan B. B. Cahyani,” Strategi Pemasaran World of Mouth dan Online Dalam Sentra Industri Rumah Abon Ikan Lele di Jiwan Kabupaten Madiun,”Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, vol. 1, no. 2, pp. 49-52, 2020.

P. Kotler,”Manajemen Pemasaran “:Marketing Manajemen 9 ed. Jakarta : PT. Prenhallindo, 1996.

P. Kotler, “Manajemen Pemasaran” : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta : PT. Prenhallindo, 2001

R. U. A. Fauzi,”The Role Of Free Wireless Fidelity (Wi-Fi) Service, Food Quality, And Servicescape Toward Customer Satisfaction,” Asian journal of social science research, vol. 2, issue 2, 2019.

R. U. A. Fauzi,”Pengaruh Harga Dan Free Wi-Fi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Angkringan Di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan,” Jurnal Aplikasi Bisnis, vol. 17 No. 2, pp. 62-74, 2017. https://doi.org/10.20885/jabis.vol17.iss2.art4

K. C. Laudon and J. P. Laudon,” Management Information Systems – New Approaches To Organization & Technology”. 5th edition. New Jersey : Prenticel Hall, 1998.

D. Baum, “E-comemerce”. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 1999.

S. Genelius,” 30-Minute Social Media Marketing”. United States : McGraw-Hill Companies,, 2001.

S. Priambada,” Potensi Media Sosial Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Malang Raya. Malang”: Universitas Brawijaya, 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-04

Cara Mengutip

Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Waluyo, W., Zakaria, M. A., Lestari, E., Octavia, N., & Laksono, N. T. (2021). Internet Marketing Strategi Untuk Meningkatkan Pemasaran Industri Kopiah Desa Temboro Karas Magetan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 17-24. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.5