Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi dan Pendapatan UMKM JHN Shop Batam

Penulis

  • Hery Haryanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Internasional Batam, Indonesia
  • Delfina Delfina Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Internasional Batam, Indonesia
  • Jessica Jessica Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Internasional Batam, Indonesia
  • Jesseline Chang Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Internasional Batam, Indonesia
  • Fionna Quinn Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Internasional Batam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.494

Kata Kunci:

Instagram, Pemasaran Digital, UMKM

Abstrak

Masa pandemi COVID-19 dapat dinilai sebagai ancaman dan juga peluang dalam dunia bisnis. Untuk bertahan dalam masa pandemi ini, UMKM JHN Shop harus berinovasi agar dapat bersaing dengan UMKM lainnya. Karena adanya masa pandemi COVID-19 telah membuat JHN Shop mengalami penurunan pendapatan. Strategi yang cukup populer saat ini dalam mengatasi permasalahan JHN Shop adalah pemasaran digital dengan memanfaatkan iklan dan media sosial seperti Instagram, Facebook, maupun Tiktok. Pemasaran digital sebagai upaya yang dapat dilakukan oleh JHN Shop dan dengan melakukan pemasaran digital maka JHN Shop dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi dan pendapatannya. Dalam membantu UMKM JHN Shop dalam menerapkan pemasaran digital, pelaksana kegiatan memberikan edukasi dan juga membuatkan akun Instagram untuk Bapak A Ing selaku pemilik JHN Shop. Pengabdian dilakukan melalui tahap persiapan untuk memperoleh data dengan wawancara dengan Bapak A Ing, tahap pelaksanaan untuk mengimplementasikan kegiatan yaitu menciptakan luaran berupa akun Instagram, dan tahap penilaian untuk mengevaluasi kegiatan yaitu memantau penggunaan akun tersebut oleh JHN Shop serta mengamati peningkatan pengikut pada akun tersebut. Setelah JHN Shop mencoba melakukan pemasaran digital, mereka mendapatkan beberapa pelanggan baru. Seiring dengan bertambahnya pelanggan, produktivitas, efisiensi dan pendapatan JHN Shop pun ikut meningkat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

L. Marlinah, “Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19,” J. Ekon., vol. 22, no. 2, pp. 118–124, 2020.

S. Bakhri and V. Futiah, “Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Loyal. Sos. J. Community Serv. Humanit. Soc. Sci., vol. 2, no. 2, p. 59, 2020, doi: 10.32493/jls.v2i2.p59-70.

R. A. Buchari and I. Darmawan, “Peningkatan Potensi Kewirausahaan Produk Lokal Melalui Pemasaran Digital Desa Cikeruh Jatinangor,” Sawala J. Pengabdi. Masy. Pembang. Sos. Desa dan Masy., vol. 1, no. 2, p. 51, 2020, doi: 10.24198/sawala.v1i2.26592.

A. Nasution, “Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram,” J. Bisnis Corp., vol. 6, no. 1, pp. 11–18, 2021, doi: 10.46576/jbc.v6i1.1484.

A. O. Siagian, R. Martiwi, and N. Indra, “Manajemen Pemasaran,” J. Pemasar. Kompetitif, vol. 3, no. 3, pp. 44–51, 2020, [Online]. Available: https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/288824/FULL-PAPER-KOMPETITIF_NTW.pdf.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-20

Cara Mengutip

Haryanto, H., Delfina, D., Jessica, J., Chang, J., & Quinn, F. (2022). Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi dan Pendapatan UMKM JHN Shop Batam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 181-186. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.494