Pelatihan TOEFL Dengan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Untuk Mencapai Nilai Ideal di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.48Kata Kunci:
CIRC, covid-19, nilai ideal, pelatihan TOEFLAbstrak
Pelatihan TOEFL dengan metode Cooperative Integrated Reading And Composition bertujuan untuk membantu para dosen dan mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Nusa Tenggara Barat dalam upaya untuk meningkatkan nilai TOEFL (Test of English as foreign language) dimasa pandemi. Sulitnya menentukan metode dan media yang tepat dimasa pandemi bagi mahasiswa dan dosen untuk untuk mencapai TOEFL ideal menjadi alasan utama dilaksanakannya Pengabdian keada masyarakat ini Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan tidak hanya pengetahuan tetapi juga kesiapan untuk menghadapi ujian TOEFL (Test of English as Foreign Language) bagi mahasiswa dan dosen di Nusa Tenggara Barat. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan secara online dengan meggunakan teknologi zoom sebagi media pembelajaran selama satu bulan.Masyarakat sasaran adalah masyarakat kampus yaitu mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yaitu peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian diberikan tips dan strategi dalam menjawab tes TOEFL. Masing-masing kelompok berdiskusi dan bertukar pikiran dalam menjawab semua soal-soal dalam TOEFL. Biaya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sepenuhnya bersumber dari tim pelaksana pengabdian. Setelah pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, peserta memiliki kemampuan dan kesiapan serta nilai yang cukup significant dari sebelumnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil Post Test Peserta setelah mengikuti pelatihan menunjukkan perubahan yang sangat positif
Unduhan
Referensi
Astin, A.W. Assessment for excellence: The philosophy and practice of assessment and evaluation in higher education. New York: The OryxPress, 1993
Brown, H. D. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language pedagogy .N.Y: Longman, 2001
Brown, H.D.Teaching by principles: An active approach to language pedagogy. (2nded). San Francisco: Addison Wesley Longman, Inc, 2001.
Brown, H.D. Language assessment: Principle and classroom practices. NewYork: Longman, Pearson Education, Inc, 2004.
Buck, G. Assessing listening. Cambridge: Cambridge University Press, 2001.
Celce-Murcia, M.Teaching English as a second or foreign language. (3rded). New York: Heinle and Heinle, 2001.
Clapham, C. The development of IELTS: A study of the effect of background knowledge on reading comprehension. Cambridge: Cambridge University Press, 1996.
Crystal, D. English as a global language. Cambridge: Cambridge University Press, 2000.
Horst, Marlise. First and Second Language Knowledge in the Language Classroom. International Journal of Bilingualism.Vol 14.No. 3. 313-349. Concordia University Montreal. 2010.
Leonardo C.P. Designing A Computer-Based Listening Test For The Second Semester Students Of Elesp Sanata Dharma University. 2017
Mazzei, L.A. Silent Listening: Deconstructive practices in discourse- basedresearch. Journal of American Educational Research Association, Volume 33, pp 26-33, 2004.
Philip, D. Preparation Course for the TOEFL Test. The Paper Test. Longman. Pearson. 2004
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.