Pelatihan Membuat Konektor Masker : Upaya Pemanfaatan Waktu Luang di Masa Pandemi

Penulis

  • Puji Yanti Fauziah Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Laatifah Laatifah Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.469

Kata Kunci:

COVID-19, Konektor Masker, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstrak

Dusun Soko, Desa Sukorejo menjadi salah satu wilayah yang menerapkan sistem pembelajaran yang dilakukan yaitu secara full online. Gadget menjadi penunjang pelaksanaan pembelajaran. Namun di sisi lain muncul permasalahan dimana peserta didik terlena dalam hal penggunaan gadget di luar jam pembelajaran. Pengabdi berusaha untuk merespon permasalahan yang sedang dihadapi warga Dusun Soko. Pengabdi memberikan kegiatan berupa pelatihan pembuatan konektor masker. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan antisiasme anak-anak Dusun Soko terhadap pelatihan ini. Kegiatan ini juga bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh pelatihan pembuatan konektor dapat menjadi sarana edukasi pencegahan COVID-19 serta mengurangi penggunaan media elektronik di luar jam pembelajaran oleh peserta didik. Pelatihan pembuatan konektor masker dilakukan secara luring di rumah warga yang akan berganti dalam setiap pertemuan. Kegiatan ini diawali dengan persiapan alat dan bahan konektor masker, diakhiri dengan pendistribusian konektor masker kepada peserta pelatihan serta komunitas Pemuda Madiun Bergerak (PMB). Pelatihan pembuatan konektor masker dapat dilaksanakan sebanyak 8 kali dan diikuti dengan sangat antusias. Kegiatan ini dinilai efektif sebagai sarana edukasi pencegahan COVID-19. Adanya rasa bangga karena telah berhasil membuat konektor mendorong peserta untuk memakai masker sekaligus konektor hasil karya sendiri. Pelatihan ini juga menjadi alternatif kegiatan positif di luar jam pembelajaran bagi anak-anak Dusun Soko.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. Permatasari, “Kebijakan Covid-19 dari PSBB hingga PPKM Empat Level,” pp. 19–22, 2021. (accessed Nov. 21, 2021).

B. Desideria, “Varian Mu Sudah Ada di 46 Negara, Kemenkes: Belum Terdeteksi di RI,” 2021. (accessed Nov. 21, 2021).

S. P. COVID-19, “Percepat Vaksinasi di Daerah dengan Capaian Vaksinasi Dosis Pertama di Bawah 50 %,” 2021. (accessed Nov. 21, 2021).

Shanti, “Kemendikbudristek ungkap kondisi pendidikan Indonesia saat pandemi,” 2021. (accessed Nov. 21, 2021).

R. A. Sahila, “Pandemi COVID-19?: Siswa Terlena , Orang Tua Terperosok , dan Guru Terbabit,” 2021. (accessed Nov. 21, 2021).

C. S. Ujung and C. C. Chairani, “Analisis Karya Seni Kerajinan Anyam Tali Kur Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Stabat Berdasarkan Teknik Bentukdan Warna,” Gorga J. Seni Rupa, vol. 7, no. 1, p. 66, 2018.

M. Ridwan, “Pemuda Madiun Bergerak Konsisten Lakukan Aksi Sosial di Masa Pandemi,” 2021. (accessed Feb. 28, 2022).

A. L. Azis, “Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X di SMKN 4 Makassar,” Universitas Negeri Makassar, 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Cara Mengutip

Fauziah, P. Y. ., & Laatifah, L. (2022). Pelatihan Membuat Konektor Masker : Upaya Pemanfaatan Waktu Luang di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), 511-516. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.469
Abstrak viewed = 76 times